Market Movers: Dollar Kembali Menguat Merespon Testimoni Fed Powell

Market Movers: Dollar Kembali Menguat Merespon Testimoni Fed Powell

Rabu, 18 Juli 2018 09:23:22 WIB
Dollar kembali menunjukkan penguatan pada hari Selasa setelah pimpinan Federal Reserve, Jerome Powell, menunjukkan sikap optimis terhadap kondisi ekonomi AS dan mengindikasikan suku bunga akan dinaikkan dua kali lagi di sisa tahun ini.

Powell mengatakan hal tersebut saat memberikan testimoni di hadapan Senat AS, indeks dollar langsung menguat dan berdampak pada penurunan harga emas hingga membentuk level terendah satu tahun.

Fed Powell hari ini masih akan memberikan testimoni, selain itu data inflasi atau CPI Inggris dan zona euro akan menjadi fokus hari ini.

Potensi Pergerakan

Emas

Turun lebih dari 1% pada perdagangan Selasa kemarin, harga emas berpeluang rebound ke area 1231 sampai 1235 akibat aksi short covering. Namun Selama tidak menembus ke atas level 1235, emas berpeluang besar kembali turun dengan target ke area 1219.

Minyak Mentah

Penurunan harga minyak mentah pada hari Selasa kemarin masih tertahan di kisaran 67.00. API yang melaporkan kenaikan stok di AS menambah sentimen negatif, jika EIA malam ini pukul 21:30 WIB juga melaporkan penambahan stok, harga minyak mentah berpeluang turun ke area 66.20, namun harus perlu menembus 67.00 terlebih dahulu.

EURUSD

Data CPI zona euro pukul 16:00 WIB akan menjadi penggerak, namun jika dirilis sesuai ekspektasi sebesar 2,0% EURUSD kemungkinan masih akan tertekan akibat kuatnya dollar. Jika menembus ke bawah 1.1650, EURUSD berpotensi turun ke area 1.1610.

GBPUSD

GBPUSD berada di dekat level terendah 7 bulan yang dibentuk 28 Juni lalu. Data CPI Inggris pukul 15:30 WIB memberikan peluang kenaikan GBPUSD ke area 1.3190 jika drilis lebih tinggi dari 2,6%. Area 1.3050 berpotensi menjadi support kuat.

USDJPY

Pagi ini USDJPY telah mencapai level 113.00 untuk pertama kalinya sejak 9 Januari lalu. Perbedaan kebijakan moneter yang semakin lebar menjadi pemicu kenaikan USDJPY. Jika mampu konsisten di atas level 113.00, USDJPY berpeluang naik ke 113.45. Support terdekat di kisaran 112.65.

AUDUSD

Belum ada sentimen terbaru yang mempengaruhi AUDUSD, selama tidak menembus ke atas 0.7400, AUDUSD berpeluang turun ke 0.7340.

Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Calendar.
(pap/Monex)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search