Market Movers: Dollar Kembali Rebound Karena Data Ekonomi AS

Market Movers: Dollar Kembali Rebound Karena Data Ekonomi AS

Jum'at, 12 Desember 2014 10:43:15 WIB

Monexnews - Indeks Dollar AS rebound semalam setelah data ekonomi Penjualan Ritel dan Klaim Tunjangan Pengangguran AS dirilis lebih bagus dari perkiraan. Ini menunjukkan bahwa pergerakan harga masih rentan dengan perubahan data ekonomi.

Hari ini harga minyak mentah WTI telah ditransaksikan di bawah level $60 per barel. OPEC yang ingin harga minyak mentah turun demi mengalahkan produsen pesaing dari AS yang belakangan ini meninggi produksinya akibat teknologi shale oil, menjadi sentimen negatif bagi harga minyak mentah. Pengambilan minyak mentah dengan menggunakan teknologi shale oil membutuhkan dana yang lebih besar dibandingkan cara yang konvensional. Dengan menekan harga jual, OPEC mengharapkan pesaingnya tersebut tidak bisa lagi memproduksi dengan teknologi shale oil.

Siang ini, pasar menunggu data ekonomi China, Produksi Industri bulan November. Data ini cukup penting untuk menilai kesehatan ekonomi China. Turunnya aktivitas industri bisa memberikan persepsi bahwa ekonomi China memang sedang melambat dan ini akan memberikan sentimen negatif ke pasar keuangan global terutama indeks saham Asia.

Sementara sore hari, pasar menunggu data Produksi Industri zona Euro bulan Oktober. Data produksi industri Zona Euro mengalami pasang surut sejak tahun lalu. Ini menunjukkan bahwa Zona Euro memang sedang bermasalah dengan industrinya. Bila data ini lebih bagus dari proyeksi, nilai tukar
euro bisa menguat kembali.

Dari AS, pasar akan fokus pada data ekonomi Indeks Harga Produsen (PPI) dan Sentimen Konsumen. Kedua data ini akan menjadi penggerak nilai tukar
dollar AS malam ini. Indeks harga produsen yang meninggi berpotensi menahan dollar AS di level tinggi karena data ini bisa menyumbang kenaikan tingkat inflasi. Dan kenaikan inflasi ditunggu Bank Sentral AS untuk menaikan tingkat suku bunga acuannya.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:
http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)


(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search