Market Movers: Dollar Masih Terkoreksi, Data Tenaga Kerja AS Jadi Fokus

Market Movers: Dollar Masih Terkoreksi, Data Tenaga Kerja AS Jadi Fokus

Jum'at, 07 September 2018 09:05:41 WIB
Rilis data ekonomi AS yang variatif pada Kamis membuat indeks dollar melanjutkan koreksi yang berdampak pada kenaikan harga emas. Mata uang utama lainnya juga sedang mendapat sentimen positif yang menambah tekanan bagi dollar.

Pergerakan dollar selanjutnya akan digerakkan oleh data tenaga kerja AS yang terdiri dari non-farm payrolls, indeks rata-rata gaji per jam, dan tingkat pengangguran. Volatilitas pasar berpotensi meningkat merespon data-data ini yang dirilis pukul 19:30 WIB.

Market Movers Video Selasa 7 September 2018


Potensi Pergerakan

Emas
Rilis data tenaga kerja yang lebih bagus dari perkiraan dapat memicu momentum penguatan dollar dan emas berpeluang turun ke area 1189. Sebaliknya jika data dirilis mengecewakan, emas berpotensi naik ke 1214.

Minyak Mentah
Kenaikan stok bensin di AS membuat harga minyak mentah turun sekitar 1% pada hari Kamis. Selama tertahan di bawah resisten 68.50, minyak mentah berpeluang turun menguji kembali area 67.00.

EURUSD
Italia yang menunjukkan kesediaan mengekang anggaran belanja berhasil meredakan kecemasan investor akan potensi masalah ekonomi terbesar ketiga di Eropa tersebut. EURUSD berpotensi menguat jika data tenaga kerja AS mengecewakan dan selama tidak menembus ke bawah 1.1580. Peluang penguatan ke area resisten 1.1670.

GBPUSD
Jerman yang memudahkan jalan Brexit bagi Inggris membuat GBPUSD menguat dua hari beruntun pada hari Kamis. Penguatan berpotensi berlanjut pada hari ini selama bertahan di atas support 1.2870 dengan target ke area 1.3030.

USDJPY
Presiden AS Donald Trump yang dikabarkan turut menargetkan Jepang dalam perang dagang membuat USDJPY turun sekitar 30 pip pagi ini. Selama tertahan di bawah resisten 110.75, USDJPY berpotensi turun lebih lanjut ke area 110.10.

AUDUSD
Sepanjang pekan ini AUDUSD banyak mendapat sentimen positif dari data-data ekonomi Australia. Jika data tenaga kerja AS hari ini dirilis mengecewakan, AUDUSD berpeluang menguat ke area 0.7235. Support terdekat di kisaran 0.7160.

Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar
(pap/Monex)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search