Market Movers: Dollar Masih Tunggu Data GDP

Market Movers: Dollar Masih Tunggu Data GDP

Kamis, 07 November 2013 11:20:49 WIB

Monexnews - Hari ini pasar menunggu data ekonomi penting dari AS, Eropa dan Inggris. Data-data tersebut bisa menjadi penggerak penting dollar AS dan nilai tukar mata uang lainnya. Dollar AS sepanjang pekan ini mengalami konsolidasi dan terkoreksi setelah mengalami penguatan pekan lalu. Banyaknya data-data penting yang akan dirilis pekan ini menjadi penyebabnya.

Data GDP kuartal ke-3 AS pembacaan pertama akan dirilis malam ini dengan perkiraan 1,9%. Bila hasil yang dirilis lebih bag

us dari perkiraan, pasar bisa mendorong kembali penguatan dollar AS terkait isu tapering. Data GDP ini akan ditemani oleh data penting lainnya, klaim tunjangan pengangguran mingguan AS. Salah satu data tenaga kerja AS ini juga dijadikan indikator pasar untuk mengukur kesehatan ekonomi AS. Jumlah klaim yang diperkirakan minggu ini sebesar 332 ribu klaim. Bila hasil yang dirilis lebih bagus dari perkiraan (lebih rendah), dollar AS bisa mendapatkan support penguatan.

Dari Eropa dan Inggris akan ditunggu hasil keputusan kebijakan bank sentral. Proyeksi sementara adalah tidak adanya perubahan kebijakan. Pasar akan menunggu petunjuk lebih lanjut lewat konferensi pers dengan Presiden Bank Sentral Eropa, Mario Draghi, pukul 20.30 WIB. Bila Draghi terindikasi membicarakan kemungkinan pelonggaran

moneter atau pemangkasan bunga pada bulan-bulan mendatang, nilai tukar euro bisa tertekan.

Pagi ini data perubahan jumlah tenaga kerja (Employment Change) Australia memberikan tekanan turun bagi dollar Australia karena data yang dirilis jauh lebih buruk dari ekspektasi pasar, 1100 versus 10000.

AUD/USD tertekan sekitar 60 pip pasca pengumuman data tersebut.

Besok, data penting lainnya juga akan dirilis yaitu data Non-farm payrolls dan tingkat pengangguran AS.

(Ariston Tjendra)


(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search