Market Movers: ECB dan The Fed Akan Umumkan Kebijakan Moneternya Hari Ini

Market Movers: ECB dan The Fed Akan Umumkan Kebijakan Moneternya Hari Ini

Rabu, 10 April 2019 08:33:53 WIB

Dua bank sentral akan mengumumkan kebijakan moneternya yaitu European Central Bank (ECB) pada 18.45 WIB yang dilanjutkan dengan konferensi pers pukul 19.30 WIB dan The Fed pada pukul 1.00 WIB dini hari nanti. Keduanya akan menjadi fokus utama pasar disamping beberapa rilis data ekonomi penting hari ini.

Salah satu yang akan menjadi perhatian bagaimana outloook perekonomian negaranya dari dua bank sentral ini. Pasalnya International Monetary Fund (IMF) semalam telah memangkas angka outlook perekonomian global di tahun 2019. Tadinya di angka 3,5% menjadi 3,3%.

Dari sisi kebijakan, diekspektasikan dua bank sentral ini belum akan mengubah kebijakan termasuk terkait outlook kenaikan suku bunga. ECB dan The Fed diperkirakan masih akan mempertahankan tingkat suku bunganya.

Inggris akan merilis data GDP dan Produksi Manufakturnya pukul 15.30 WIB. AS akan merilis data inflasinya pukul 19.30 WIB.

Market Movers hari ini



Potensi Pergerakan

Emas
Setelah menembus 1300 dan jika mampu konsisten di atas level tersebut, harga emas masih berpeluang kembali mengincar level 1306. Terutama jika sikap dovish kembali diperlihatkan The Fed, dan kekhawatiran perekonomian global dari IMF membuat permintaan safe haven meningkat, peluang harga emas menguat lebih lanjut 1310. Support di 1296.

Minyak Mentah
Kemarin Rusia dikabarkan akan meningkatkan outputnya di bulan Juni. Hal ini membuat harga minyak terkoreksi. Jika ini masih menjadi sentimen, potensi pelemahan harga minyak akan menguji support terdekat di 63.50. Tembus level tersebut, incaran selanjutnya di 63.00. Resisten terdekat di 64.70.

EURUSD
Jika ECB kembali menyinggung akan outlook perlambatan ekonomi global yang membuat bank sentral masih bersikap dovish, EURUSD berpeluang besar melemah. Jika mampu tembus konsisten di bawah 1.1245, potensi turun selanjutnya mengincar 1.1200. Resisten di 1.1300.

GBPUSD
Katalis penggerak untuk GBPUSD hari ini ada dari rilis data GDP dan produksi manufaktur Inggris pukul 15.30 WIB. Selain itu, hari ini juga akan diadakan EU Summit dan PM Inggris Theresa May diisukan akan kembali meminta permohonan penundaan Brexit. Jika data dirilis lebih rendah dari ekspektasi dan masih ada ketidakjelasan Brexit, GBPUSD berpeluang besar melemah mengincar 1.2980 jika mampu menembus konsisten di bawah 1.3020. Resisten terdekat di 1.3090.

USDJPY
Potensi meningkatnya permintaan terhadap safe haven yen di tengah potensi kembali khawatirnya pasar terhadap perlambatan ekonomi global dapat menopang kenaikan USDJPY. Target menguji resisten di 111.50 dengan support terdekat di 110.75.

AUDUSD
Sentimen risk aversion di tengah kekhawtiran perlambatan ekonomi global berpotensi turut menekan AUDUSD. Jika mampu tembus konsisten ke bawa 0.7100, potensi turun selanjutnya mengincar 0.7075. Resisten terdekat di 0.7150.


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar

(Dini Nurhadi Yasyi)


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search