Market Movers: ECB Dorong Penguatan Bursa Saham

Market Movers: ECB Dorong Penguatan Bursa Saham

Jum'at, 23 Januari 2015 10:43:50 WIB

Monexnews - Bank Sentral Eropa (ECB) akhirnya merilis kebijakan pembelian obligasi pemerintah sebesar 60 milyar euro per bulan hingga September 2016. Kebijakan ini mendorong penguatan indeks dollar AS ke kisaran 94. Sementara nilai tukar euro tertekan tajam ke kisaran 1.13 dollar AS yang merupakan pelemahan terdalam sepanjang 11 tahun terakhir.

Stimul
us ECB juga mendorong penguatan bursa saham global. Stimulus moneter berarti membanjiri pasar dengan likuiditas yang murah dan sebagian dari likuiditas ini ditanamkan ke bursa saham yang bisa menghasilkan tingkat imbal hasil yang lebih besar. Pasar saham Asia dibuka menguat pagi ini.

Sementara sebagian besar pasangan mata uang bergerak sideways pagi ini pasca volatilitas yang besar semalam. Data-data ekonomi dari Zona Euro dan Inggris mungkin bisa menjadi market mover sore nanti. Zona Euro akan merilis data indeks aktivitas manufaktur dan sektor jasa Jerman, Perancis dan Zona Euro sendiri. Hasil yang positif mungkin bisa membantu euro untuk rebound. Sedangkan Inggris akan merilis data penjualan ritel bulan Desember yang diyakini para analis akan terjadi penurunan dibandingkan bulan sebelumnya. Dan bila itu terjadi akan memberikan tekanan turun bagi nilai tukar
poundsterling.

Malam hari, dollar Kanada akan mendapatkan market mover dari data penjualan ritel dan indeks harga konsumen. Dollar Kanada telah mendapakan tekanan pelemahan terhadap dollar AS dua hari lalu saat Bank Sentral Kanada, di luar dugaan, menurunkan tingkat suku bunga acuannya. Sementara data penjualan rumah second AS mungkin bisa menjadi penggerak terakhir dollar AS di pekan ini.

Dari bursa saham AS, laporan penghasilan Bank of New York Mellon akan dirilis sebelum pasar saham AS dibuka.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:
http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)


(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search