Market Movers: Euro Menguat Lagi Karena Ekspektasi Tidak Adanya Stimulus

Market Movers: Euro Menguat Lagi Karena Ekspektasi Tidak Adanya Stimulus

Kamis, 28 Agustus 2014 10:19:36 WIB

Monexnews -Indeks Dollar AS melemah ke 82.35 pagi ini dari penutupan sesi terakhir di 82.46. Indeks dollar sudah terkoreksi sejak kemarin saat beredar kabar bahwa ECB tidak akan menggelontorkan stimulus pada rapat moneter yang akan datang kecuali tingkat inflasi turun dalam dan masuk zona deflasi. Nilai tukar euro yang menjadi bobot terbesar dari pembentukan indeks dollar AS menguat.

Sore ini ada beberapa data ekonomi penting dari zona
euro yang bisa mengkonfirmasi berita ini. Data Prelim CPI Jerman untuk bulan Agustus diprediksi 0,0%. Bila hasilnya ternyata negatif (terjadi deflasi), nilai tukar euro bisa melemah lagi. Data lain yang mungkin bisa mempengaruhi pergerakan nilai tukar euro antara lain data CPI Spanyol dan data Perubahan Jumlah Pengangguran Jerman.

Pagi ini telah dirilis data Belanja Modal Swasta Australia untuk kuartal ke-2 dan hasilnya lebih bagus dari prediksi, naik 1,1% vs prediksi -0,6%. Data ini berhasil mengangkat nilai tukar dollar Australia pagi ini. Sementara indeks saham KOSPI mendapatkan support dari surplus neraca berjalan (current account) $6,74 miliar untuk bulan Juli lebih tinggi dari bulan Juni $6,32 miliar.

Malam ini akan dirilis data ekonomi penting dari AS yang bisa mempengaruhi nilai tukar dollar dan indeks saham AS. Pasar menantikan data GDP AS kuartal ke-2 pengukuran ke-2 yang diperkirakan terjadi sedikit penurunan dibandingkan pengukuran yang pertama, 3,9% vs 4,0%. Selain itu juga ada data Klaim Tunjangan Pengangguran Mingguan dan data Penjualan Rumah Tertunda. Ketiga data ini memberikan indikasi kesehatan ekonomi AS. Hasil yang sesuai atau di atas prediksi bisa mendorong penguatan dollar dan indeks saham AS.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:
http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)


(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search