Market Movers: Fed Masih Akan Pertahankan Pelonggaran Moneter

Market Movers: Fed Masih Akan Pertahankan Pelonggaran Moneter

Kamis, 11 Juli 2013 10:04:50 WIB

Monexnews - Notulen rapat moneter bank sentral AS atau FOMC Minutes bulan Juni mengungkapkan bahwa sebagian anggota menginginkan konfirmasi data tenaga kerja yang lebih baik lagi sebelum melakukan pengurangan stimulus.

Dan Bernanke dalam pernyataannya di hadapan konferensi National Bureau of Economic Research dinihari tadi mengatakan bahwa yang dibutuhkan dalam perekonomian Amerika saat ini adalah kebijakan moneter yang sangat akomodatif.

Kedua event ini mendorong pelemahan

dollar AS, dan mungkin masih akan membayangi pergerakan pasar hari ini, karena pasar beranggapan bahwa Federal Reserve AS masih mendukung pelonggaran moneter untuk saat ini.

Pagi ini data tenaga kerja Australia sangat bagus dengan peningkatan 10.300 pekerjaan pada bulan Juni dibandingkan prediksi yang mengharapkan penurunan pekerjaan sebesar 2.500. Namun demikian secara keseluruhan, tingkat pengangguran di Australia mengalami kenaikan menjadi 5,7% dari sebelumnya 5,5%. Data tenaga kerja Australia dan pelemahan dollar AS menjadi penggerak yang mengangkat nilai tukar dollar Australia.

Hari ini bank sentral Jepang (BOJ) akan mengumumkan hasil rapat kebijakan moneternya. Bank sentral diperkirakan tidak akan mengubah program pelonggaran moneternya yang sekarang karena pemulihan ekonomi di Jepang baru saja dimulai. Yen dan Nikkei akan bereaksi terkait event ini.

Sore harinya, bank sentral Eropa (ECB) akan merilis buletin bulanan yang berisi penjelasan bank sentral mengenai kebijakan moneternya dan outlook ekonomi. Bila isi buletin ini masih mendukung kebijakan suku bunga rendah, mungkin akan memberikan sedikit tekanan bagi

euro. Gubernur Bank Sentral Jerman yang juga merupakan anggota dewan gubernur ECB, akan memberikan pidato mengenai stabilitas keuangan. Pernyataan dari gubernur bank sentral Jerman yang juga merupakan anggota zona euro yang terkuat bisa mempengaruhi pergerakan pasar.

Pada pasar AS, malam hari, akan dirilis data klaim tunjangan pengangguran mingguan. Seperti biasa, salah satu data tenaga kerja AS ini akan menjadi sorotan pelaku pasar. Bila klaim yang dirilis lebih kecil dari prediksi, tentu akan kembali mendorong penguatan dollar AS dan sebaliknya.

(Ariston Tjendra)


(art)

Lihat Disclaimer
   
BERITA TERKAIT
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search