Market Movers: GDP Zona Euro Menjadi Katalis Penggerak EURUSD

Market Movers: GDP Zona Euro Menjadi Katalis Penggerak EURUSD

Kamis, 31 Januari 2019 08:43:06 WIB

Di tengah sentimen pelemahan dollar, hari ini data GDP zona euro Q4 yang akan dirilis pukul 17.00 WIB akan menjadi katalis penggerak selanjutnya, khususnya untuk EURUSD. Sebelumnya, ECB sudah memproyeksikan bahwa perlambatan ekonomi zona euro akan terjadi di tahun 2019. Jika sampai akhir tahun lalu sudah mulai memperlihatkan adanya perlambatan, maka EURUSD berpeluang untuk melemah.

Dari The Fed, dollar sudah tertekan pasca Ketua The Fed Jerome Powell menegaskan bahwa pihaknya akan lebih berhati-hati untuk menaikkan suku bunga di tahun 2019. Isu geopolitik seperti belum jelasnya Brexit dan perlambatan ekonomi di China menjadi salah satu pertimbangan.

Market Movers Hari Ini



Emas
Kebijakan dovish The Fed berpotensi masih menjadi katalis penguatan harga emas. Potensi penguatan lebih lanjut perlu konsisten bergerak di atas 1324 sebelum mengincar 1328. Support di level 1315.

Minyak Mentah
Mulai memudarnya kekhawatiran oversupply karena sanksi yang dijatuhkan ke Venezuela, berpotensi menopang harga minyak. Jika mampu menembus konsisten ke atas 55.00, peluang penguatan selanjutnya mengincar 56.00. Support di level 53.50.

EURUSD
Jika dari rilis data GDP zona euro sudah menunjukan adanya tanda-tanda perlambatan ekonomi, maka EURUSD berpotensi untuk melemah ke area support 1.1440. Sebaliknya, jika sentimen pelemahan dollar masih mendominasi penggerak pasar, tidak menutup kemungkinan EURUSD berpeluang lanjut menguat menguji resisten 1.1550.

GBPUSD
Minim rilis data penting dari Inggris, pergerakan GBPUSD kemungkinan masih terpengaruh sentimen terhadap dollar. Selama harga masih bergerak di atas 1.3080, peluang penguatan GBPUSD akan menguji resisten terdekat di level 1.3160.

USDJPY
Pelemahan tajam yang sudah terjadi pada sesi perdagangan sebelumnya berpotensi memicu aksi profit taking dengan area resisten terdekat di level 109.20. Namun jika sentimen pelemahan dollar masih mendominasi pergerakan, potensi turun lebih lanjut ke level 108.60.

AUDUSD
Data aktivitas manufaktur China yang dirilis lebih tinggi dari ekspektasi berpotensi menjadi penopang tambahan untuk penguatan AUDUSD. Jika mampu menembus ke atas 0.7275, potensi penguatan mengincar level 0.7300. Support di level 0.7210.

Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar.

(Dini Nurhadi Yasyi)


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search