Market Movers: Hasil NFP Bayangi Pergerakan Pasar

Market Movers: Hasil NFP Bayangi Pergerakan Pasar

Senin, 08 Juli 2013 09:51:18 WIB

Monexnews - Senin (8 Juli), Pasar keuangan masih akan mendapatkan pengaruh dari bagusnya data Non Farm Payrolls (NFP) AS yang lebih bagus dari perkiraan pasar, 195 ribu versus 163 ribu. Bagusnya data ini membuat dollar AS menguat terhadap mata uang dunia dan komoditi. Membaiknya data tenaga kerja AS menguatkan sentimen akan adanya pengurangan stimulus moneter AS pada akhir tahun ini.

Penguatan dollar AS ini juga didukung oleh 3 bank sentral dunia yang merilis hasil rapat moneternya pekan lalu dimana bank sentral

Australia, Inggris dan Eropa masih akan mempertahankan kebijakan pelonggaran moneter yang berbanding terbalik dengan kemungkinan pengetatan yang dilakukan bank sentral AS.

Pasar saham Asia, pagi ini, dibuka dengan kekhawatiran terhadap masalah kredit di

China. China dilaporkan akan memangkas kredit yang akan disalurkan ke perekonomian untuk memaksa proses konsolidasi di industri yang kini mengalami over kapasitas. Serangkaian data ekonomi akan dirilis pekan ini yang bisa dipakai oleh para pelaku pasar untuk mencari petunjuk soal kesehatan ekonomi China.

Eropa akan melangsungkan rapat para menteri keuangannya dalam forum

eurogroup meeting. Salah satu agenda kali ini adalah persetujuan aliran dana bailout untuk Yunani. Seperti yang kita ketahui, Yunani sedang menghadapi masalah politik internal dimana salah satu partai pendukung menarik diri dari koalisi yang memungkinkan terjadinya perubahan kebijakan ekonomi termasuk masalah bailout.

Sore hari, Jerman akan merilis dua data yaitu data neraca perdagangan dan data produksi industri. Kesehatan ekonomi Jerman sangat mempengaruhi pandangan para pelaku pasar terhadap kesehatan ekonomi zona euro secara keseluruhan.

Malam harinya, presiden bank sentral Eropa, Mario

Draghi akan melakukan testimoni di depan Komite Masalah Ekonomi dan Moneter dari Parlemen Eropa di Brussel. Kemungkinan Draghi akan menjelaskan outlook ekonomi zona euro dan kebijakan moneternya saat ini. Peristiwa ini bisa mempengaruhi pergerakan euro dan bursa sahamnya. (Ariston Tjendra)


(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search