Market Movers: Isu Global Berpotensi Tingkatkan Permintaan Safe Haven

Market Movers: Isu Global Berpotensi Tingkatkan Permintaan Safe Haven

Selasa, 09 April 2019 08:29:25 WIB

Meski pada hari ini belum ada rilis data penting yang dapat menggerakan pasar, namun isu dan gejolak politik berpotensi menjadi sentimen penggerak pasar. Khususnya dapat berpotensi meningkatkan permintaan terhadap safe haven emas maupun yen. Pada perdagangan sebelumnya, kekuatan dollar terkoreksi seiring pasar yang mulai tidak menganggap dollar sebagai safe haven.

Dua isu yang akan menjadi perhatian antara lain lain, gejolak geopolitik di Libya dan kabar terbaru mengenai Brexit. Gejolak geopolitik di Libya tidak hanya dapat memicu pergerakan pada harga aset safe haven, namun juga pada harga minyak. Pasalnya Libya merupakan negara produsen minyak dengan angka mencapai 400 juta barel.

Selain itu dari Brexit, PM Inggris Theresa May dikabarkan berkompromi dengan Partai Buruh, bahkan hari ini May merencanakan pertemuan dengan Kanselir Jerman Angela Merkel serta Presiden Prancis Emmanuel Macron untuk mengatakan perihal ditundanya Brexit. Waktu yang diminta adalah Inggris dapat keluar dari Uni Eropa pada akhir Juni mendatang.

Market Movers pekan ini



Potensi Pergerakan

Emas
Harga emas berpotensi kembali menguji level tertinggi kemarin di 1303 sebelum mengincar area resisten selanjutnya di 1306. Support terdekat di 1294.

Minyak Mentah
Jika pasar mempertimbangkan risiko yang terjadi akibat gejolak geopolitik di Libya, harga minyak berpeluang lanjut menguat menguji resisten terdekat di 65.20 sebelum mengincar 65.75. Sebaliknya, setelah penguatan tajam selama dua hari, potensi aksi profit taking bisa terjadi jika bergerak di bawah 65.20 dengan support terdekat di 63.55.

EURUSD
Peluang penguatan EURUSD perlu konsisten tembus 1.1280 sebelum mengincar area 1.1315. Jika gagal menembus 1.1280, potensi arah turun ke support terdekat 1.1220. Pergerakan dollar akan menjadi katalis penggerak EURUSD hari ini.

GBPUSD
GBPUSD berpotensi bergerak sideways pada hari ini seiring pasar menantikan hasil pertemuan PM May dengan Kanselir Jerman serta Presiden Prancis yang dijadwalkan hari ini. Kecenderungan untuk menguat, GBPUSD berpotensi menguji 1.3100 dengan support terdekat di 1.3020.

USDJPY
Potensi meningkatnya permintaan terhadap safe haven yen dapat menekan USDJPY. Jika mampu menembus konsisten 111.25, target turun terdekat mengincar 111.00. Resisten di 111.65.

AUDUSD
AUDUSD cenderung bergerak turun selama harga belum mampu menembus konsisten di atas 0.7130. Potensi turun terdekat menguji 0.7100. Sebaliknya jika mampu konsisten di 0.7130, target penguatan terdekat di 0.7145. Pergerakan pada dollar AS dan sentimen risk appetite investor dapat menjadi penggerak pasar


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar

(Dini Nurhadi Yasyi)


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search