Market Movers: Isu Perubahan Kebijakan Moneter BoJ Akan Terjawab

Market Movers: Isu Perubahan Kebijakan Moneter BoJ Akan Terjawab

Selasa, 31 Juli 2018 08:39:16 WIB

Pada pekan lalu, Bank of Japan (BoJ) dikabarkan sudah mulai memperdebatkan mengenai perubahan kebijakan moneter ultra longgarnya. Selain itu, para analis juga melihat bahwa ada kemungkinan BoJ untuk mengubah pengaturan kontrol kurva imbal hasil dengan mendominasi kepemilikan saham perusahaan.

Hal tersebut diekspektasikan terjadi karena profit bank yang sangat rendah karena suku bunga rendah dan pertumbuhan inflasi yang stagnan. Meskipun perubahaan tersebut masih dipandang masih kecil kemungkinannya, namun jika hari ini BoJ memberikan kejutan berupa kebijakan hawkish, maka yen berpotensi untuk menguat.

Potensi Pergerakan

Emas

Masih berada di level terendah sebulan, harga emas berpotensi masih bergerak sideways dengan kecenderungan melemah. Peluang aksi short covering investor juga berpeluang membawa harga emas menguat mengicar resiste terdekat di 1225. Pelemahan lebih lanjut mengincar support 1217 sebelum menguji level terendah sebulan di 1214.

Minyak Mentah

Harga minyak mentah menguat hingga 1,5% pada sesi sebelumnya dan kembali di atas level 70.00 setelah mulai memanasnya kembali geopolitik di Timur Tengah yang berimbas pada pemberhentian pengiriman minyak dari Arab Saudi. Selain itu masih terganggunya produksi di Kanada juga berpotensi menjadi katalis kenaikan harga minyak. Peluang penguatan menguji resisten di 71.65 dengan support di level 69.20.

EURUSD

Hari ini EURUSD berpeluang untuk pulih melanjutkan sesi sebelumnya, jika data-data ekonomi Zona Euro seperti retail sales Jerman, estimasi inflasi, dan GDP Zona Euro dirilis lebih baik dari estimasi. Peluang penguatan mengincar resisten di 1.1740 dengan support terdekat di level 1.1685.

GBPUSD

Outlook kenaikan suku bunga dari Bank of England (BoE) yang diekspektasikan oleh pasar berpotensi dapat menopang GBPUSD, meski terbatas. Potensi penguatan GBPUSD mengincar resisten 1.3160. Jika dollar kembali mendapat momentum penguatan, peluang balik melemah mengincar support 1.3080.

USDJPY

Di awal sesi Asia, USDJPY masih bergerak dalam rentang terbatas seiring investor yang menanti pengumuman kebijakan moneter BoJ hari ini. Jika BoJ memberikan kejutan berupa kebijakan hawkish, maka peluang penurunan menguji support terdekat di 110.70 sebelum 110.40. Resisten di level 111.45.

AUDUSD

AUDUSD menguat di sesi Asia setelah data building approvals Australia dirilis 6,4% lebih tinggi dari estimasi. Jika mampu menembus resisten 0.7430, peluang penguatan lebih lanjut mengincar level 0.7450. Support terdekat di 0.7390.



Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Calendar.

(Dini Yasyi)


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search