Market Movers: Keputusan Federal Reserve AS Menjadi Fokus Utama Hari Ini

Market Movers: Keputusan Federal Reserve AS Menjadi Fokus Utama Hari Ini

Rabu, 13 Juni 2018 08:49:32 WIB
Pasca pertemuan Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara yang menyita perhatian investor kemarin, saat ini fokus akan tertuju pada keputusan moneter Federal Reserve AS yang dirilis pukul 01:00 WIB. Dilanjutkan dengan konferensi persnya pada pukul 01:30 WIB dengan ekspektasi pasar, mereka berpotensi akan naikkan suku bunga acuan menjadi <2,00% dari sebelumnya <1,75%.

Sentimen lainnya yang berpotensi menggerakkan pasar sebelum keputusan Fed, datang dari pidato Gubernur RBA Philip Lowe pukul 09:00 WIB, CPI Inggris pukul 15:30 WIB, PPI AS pukul 19.30 WIB, serta Crude Oil Inventories AS 21:30 WIB.

Potensi pergerakan

Emas

Harga emas berpeluang melemah namun terbatas di tengah solidnya dollar AS dan sikap antisipasi investor terhadap keputusan Fed dengan target support terdekat terlihat di $1290 dan resisten di $1300.

Minyak

Harga minyak berpeluang bergerak turun dalam jangka pendek karena laporan API yang menunjukkan kenaikan cadangan minyak mentah di AS serta laporan produksi Arab Saudi meningkat di bulan Mei untuk menguji support di $65.00. Harga minyak berpotensi untuk berbalik menguat jika data dari EIA yang dirilis pukul 21:30 WIB menunjukkan penurunan cadangan untuk mengincar resisten di $66.50.

EURUSD

Menguatnya dollar dibalik ekspektasi kenaikan suku bunga Fed berpotensi mendorong pelemahan EURUSD dalam jangka pendek meskipun ada sentimen ECB berpotensi mengurangi stimulusnya pada keputusannya di hari Kamis untuk menguji support kuat di 1.1700. Fokus data hari ini akan tertuju pada produksi industri zona Euro pukul 16:00 WIB.

GBPUSD

GBPUSD berpeluang masih dalam tekanan turun di tengah sentimen penguatan dollar AS dengan menguji support di 1.3320 - 1.3300. Namun, GBPUSD berpotensi untuk dapatkan katalis positif jika data inflasi Inggris dirilis optimis dengan level resisten terlihat di 1.3400 - 1.3415.

USDJPY

Outlook divergensi kebijakan moneter The Fed dan BOJ serta meredanya ketegangan geopolitik di semenanjung Korea pasca pertemuan perdana Presiden Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berpeluang dorong naik USDJPY menguji resisten kuat di 111.40.

AUDUSD

Investor AUDUSD pada hari ini fokusnya akan tertuju pada pidato Gubernur RBA Philip Lowe pada pukul 09:00 WIB. Jika dia berikan pernyataan yang pesimis terkait ekonomi dan kebijakan moneter bank sentral Australia, AUDUSD berpeluang untuk semakin tertekan di tengah penguatan dollar AS, menguji support di 0.7520 - 0.7500. Sebaliknya jika dia berikan pernyataan yang optimis berpotensi memicu kenaikan jangka pendek untuk menargetkan resisten di 0.7600.


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Calendar.

(Faisyal)
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search