Market Movers: Keputusan Moneter BOJ dan Pidato Sejumlah Pejabat Bank Sentral

Market Movers: Keputusan Moneter BOJ dan Pidato Sejumlah Pejabat Bank Sentral

Rabu, 19 September 2018 08:24:59 WIB

Kebijakan monter Bank of Japan yang dirilis hari ini akan menjadi perhatian pasar di tengah ekspektasi untuk tidak adanya perubahan kebijakan moneter serta sikap yang mungkin masih dovish dari Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda. Selain itu pidato Wakil Gubernur RBA Christoper Kent, kepala ekonom BOE Andy Haldane, dan Presiden ECB Mario Drgahi juga akan menyita perhatian pasar khususnya bagi investor AUDUSD, GBPUSD dan EURUSD.

Data penting lainnya yang dapat menggerakan pasar hari ini juga bisa datag dari neraca perdagangan Jepang, inflasi konsumen Inggris dan cadangan minyak mentah dari AS yang dirilis oleh Energy Information Administration.


Potensi Pergerakan

Emas

Harga emas berpotensi masih akan lanjutkan pelemahannya, khususnya selama di bawah level psikolgis $1200 untuk menguji support di $1195 - $1190 seiring dolar yang menguat karena tingginya yield Treasury 10 tahun dan memburuknya eskalasi perang dagang AS dan China. Untuk sisi atasnya, jika menembus level $1200, harga berpeluang untuk membidik level $1210 sebagai level resisten selanjutnya.

Minyak

Kenaikan cadangan minyak mentah dalam laporan American Petroleum Institute yang dirilis semalam berpeluang menekan turun harga minyak dalam jangka pendek untuk mengincar support di $69.00-$68.70. Namun, harga minyak juga dapat berbalik menguat dengan sentimen OPEC tidak akan tingkatkan produksi untuk imbangi penurunan suplai dari Iran dengan membidik level resisten di $70.00 - $70.40.

EURUSD

EURUSD berpeluang masih akan dalam tekanan turun pada hari ini di tengah sentimen penguatan dolar AS untuk mengincar support di 1.1640 - 1.1600. Namun, pasangan ini berpeluang untuk rebound jika data current account zona Euro dan pidato ECB Drgahi tunjukkan hasil yang optimis dengan membidik level resisten di 1.1710 - 1.1730.

GBPUSD

GBPUSD berpeluang menguat dalam jangka pendek seiring optimisnya pasar melihat perkembangan Brexit terbaru yang menunjukkan progres dengan mengincar level resisten di 1.3220 - 1.3250. Namun dengan perilisan data inflasi Inggris yang pesimis, GBPUSD berpeluang untuk melemah mengincar support di 1.3120 - 1.3100.

USDJPY

Keputusan moneter Bank of Japan yang akan dirilis hari ini akan memicu pergerakan USDJPY di tengah ekspektasi mereka masih akan mempertahankan kebijakannya. Jika keputusan tersebut dipandang pesimis, USDJPY berpeluang naik untuk membidik resisten di 112.60 - 113.00. Namun jika keputusan tersebut dipandang optimis, USDJPY berpotensi untuk turun mengincar support di 112.00 - 111.65.

AUDUSD

Ketegangan dagang antara AS dan China yang semakin memburuk berpotensi memicu pelemahan pada AUDUSD pada hari ini untuk mengincar support di 0.7200 - 0.7175. Namun jika pasar mencerna pernyataan yang optimis dari Wakil Gubernur RBA Christoper Kent, AUDUSD berpotensi dapatkan katalis positif untuk mengincar resisten di 0.7250 - 0.7270.


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar

(Faisyal)
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search