Market Movers: Ketegangan Geopolitik Berpotensi Meningkatkan Permintaan Aset Haven

Market Movers: Ketegangan Geopolitik Berpotensi Meningkatkan Permintaan Aset Haven

Senin, 16 April 2018 08:55:14 WIB

Meningkatnya tensi ketegangan geopolitik di Timur Tengah pasca serangan rudal dari aliansi Barat ke Suriah berpotensi akan meningkatkan permintaan aset safe haven seperti logam mulia dan mata uang yen. Saat ini para pelaku pasar sedang menantikan respon Rusia terhadap serangan aliansi Barat ke Suriah.

Data penting pada hari ini akan tertuju pada sejumlah data AS seperti retail sales dan Empire State Manufacturing Index pukul 19:30 WIB dan pidato anggota FOMC Raphael Bostic pukul 00:15 WIB/ Selasa.

Potensi pergerakan

Emas

Harga emas berpeluang menguat pada hari Senin di tengah sentimen ketegangan geopolitik pasca aliansi Barat yang dikomandoi oleh AS menembakan rudal ke Suriah. Potensi rentang pergerakan terlihat di antara $1337 - $1355. Data penting hari ini tertuju pada data retail AS dan pidato anggota FOMC Bostics.

Minyak

Harga minyak berpeluang volatile pada hari ini dengan investor mempertimbangkan kenaikan jumlah aktivitas rig AS dalam laporan Baker Hughes dan terganggunya suplai karena ketegangan geopolitik dengan potensi rentang pergerakan terlihat di antara $65.00 - $68.00.

EURUSD

EURUSD berpeluang untuk menguat dalam jangka pendek di tengah melemahnya dollar AS karena ketegangan geopolitik dengan menargetkan resisten terdekat terlihat di 1.2370 - 1.2400. Namun EURUSD berpotensi melemah jika dollar AS dapatkan momentum penguatan dari data penjualan retail AS. dengan target support terdekat di 1.2250.

GBPUSD

Outlook kenaikan suku bunga di bulan Mei dan dan menguatnya ekspektasi pasar untuk terjadinya soft Brexit berpeluang memicu kenaikan GBPUSD dalam jangka pendek untuk menguji level resisten di 1.4300 - 1.4350.

USDJPY

Meningkatnya permintaan aset haven karena ketegangan geopolitik di Timur Tengah berpeluang dorong penurunan USDJPY dalam jangka pendek untuk menguji level support di 107.00 - 106.60.

AUDUSD

Sentimen risk aversion berpeluang menjadi beban untuk pergerakan AUDUSD dalam jangka pendek walaupun sejumlah harga komoditas menguat dengan potensi target support terdekat terlihat di 0.7730 - 0.7700


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Calendar.
(Faisyal)
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search