Market Movers: Ketegangan Geopolitik Dorong Safe Haven

Market Movers: Ketegangan Geopolitik Dorong Safe Haven

Jum'at, 26 September 2014 10:42:35 WIB

Monexnews - Instrumen safe haven kembali diuntungkan setelah ketegangan geopolitik kembali muncul di Timur Tengah dan Rusia. Serangan udara sekutu terhadap posisi ISIS dan rencana Rusia untuk membuat peraturan yang mengijinkan penyitaan aset asing memicu sebagian pelaku pasar melepas aset-aset beresiko. Indeks saham AS terkoreksi dalam semalam yang turut memberikan sentimen negatif ke pasar saham Asia pagi ini.

Indeks
dollar AS sempat tertekan turun karena data Durable Goods Orders AS semalam di bawah prediksi pasar. Namun dukungan dari Presiden Federal Reserve cabang Dallas, Richard Fisher, terhadap percepatan kenaikan suku bunga acuan AS masih menahan indeks dollar AS di level tinggi. Dukungan terhadap percepatan kenaikan suku bunga ini juga menjadi salah satu faktor penekan indeks saham AS semalam.

Pagi ini telah dirilis data inflasi (CPI) Tokyo Jepang yang hasilnya di bawah ekspektasi pasar sehingga membantu rebound indeks saham Nikkei dan pelemahan
yen Jepang.

Sementara sore hari, data survei Iklim Konsumen Jerman mungkin bisa menjadi market mover bagi nilai tukar
euro dan indeks saham DAX.

Malam hari, AS akan merilis data GDP Final untuk kuartal ke-2 2014 yang diekspektasikan lebih bagus dari pengukuran sebelumnya, 4,6% vs 4,2%. Bila hasilnya sesuai atau melebihi ekspektasi, dollar AS berpeluang menguat lagi.
Mendampingi data GDP, data survei Sentimen Konsumen AS untuk Bulan September juga bisa menjadi market mover tambahan bagi pelaku pasar dimana diprediksi akan ada revisi naik dari pengukuran pertama yaitu 85,1 vs 84,6.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:
http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)


(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search