Market Movers: Konfirmasi ECB Terkait Kebijakan Moneter Akan Menjadi Fokus

Market Movers: Konfirmasi ECB Terkait Kebijakan Moneter Akan Menjadi Fokus

Kamis, 26 Juli 2018 09:04:15 WIB
EURUSD memulai penguatannya setelah semalam mendapat sentimen positif dari kesepakatan perdagangan bebas antara AS dan Uni Eropa dengan tidak saling menaikkan tarif impor. Untuk selanjutnya, investor akan fokus pada kebijakan moneter dari European Central Bank (ECB).

Meskipun estimasi hari ini ECB tidak akan menaikkan suku bunga, namun sebelumnya ECB pernah mengatakan rencananya untuk mengakhiri program stimulusnya akhir tahun 2018 ini. Bahkan sempat memberikan tanda kemungkinan kenaikan suku bunga pada tahun 2019 mendatang.

Potensi Pergerakan

Emas

Harga emas bergerak menguat di awal sesi Asia karena melemahnya indeks dollar terhadap mata uang utama dunia, namun meredanya isu perang dagang antara AS dan Uni Eropa berpeluang menjadi sentimen pelemahan harga emas. Selama bergerak di bawah resisten 1236, harga emas berpotensi untuk melemah menguji support terdekat 1231 untuk selanjutnya mengincar 1228.

Minyak Mentah

Laporan dari EIA yang menyebutkan penurunan supply minyak selama sepekan merupakan penurunan terendah sejak Februari 2015. Hal ini telah menopang kenaikan harga minyak untuk menguji resisten 69.90 sebelum mengincar 70.30. Support berada di 68.70.

EURUSD

Jika ECB mengindikasikan adanya outlook kenaikan suku bunga di tahun depan dan mengkonfirmasi akan mengakhiri program stimulusnya di akhir tahun ini, maka EURUSD berpeluang menguat dari sentimen positif tersebut. Mampu menembus resisten 1.1765, EURUSD berpeluang mengincar resisten kuat di 1.1790. Support terdekat di level 1.1700.

GBPUSD

Di tengah mulai membaiknya sentimen Brexit, kesepakatan perdagangan bebas antara AS dan Uni Eropa berpeluang turut membawa GBPUSD untuk menguat. Mampu menembus level 1.3225, GBPUSD berpotensi mengincar 1.3265. Support di level 1.3150.

USDJPY

Pergerakan USDJPY berpotensi tertahan oleh sentimen investor yang memperkirakan bahwa Bank of Japan (BoJ) akan mulai membuat kebijakan moneter untuk memicu laju pertumbuhan inflasi. Hal ini berpotensi menjadi sentimen positif untuk yen dan membawa USDJPY untuk turun menguji support terdekat di 110.50 sebelum mengincar 110.20. Resisten terdekat di level 111.30.

AUDUSD

AUDUSD berpeluang menguat mendapat sentimen positif dari proyeksi perubahan kebijakan fiskal China untuk mengerek penguatan mata uang yen. Terutama jika harga komoditas hari ini menguat. AUDUSD berpotensi mengincar resisten terdekat di 0.7480 dengan support terdekat di 0.7430.

Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Calendar.

(Dini Yasyi)
(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search