MARKET MOVERS: Masih Dibayangi Wabah Korona, Pasar nantikan Data Non-Farm AS

MARKET MOVERS: Masih Dibayangi Wabah Korona, Pasar nantikan Data Non-Farm AS

Senin, 02 Maret 2020 09:08:19 WIB

Pergerakan pasar di awal pekan ini masih dibayangi kekhawatiran terhadap penyebaran wabah Korona yang makin meluas di luar negara Tiongkok, dan dikhawatirkan berimbas negatif bagi perekonomian global. Hal ini masih berpotensi mendukung meningkatnya minat pasar terhadap aset aman.

Di awal pekan dihiasi oleh laporan sektor Manufaktur PMI dari negara Jepang, Tiongkok, Zona Euro, Inggris, Kanada, dan AS, yang berpotensi menjadi penggerak pasar di hari Senin. Pasar juga menantikan laporan kebijakan suku bunga acuan terbaru dari Australia di hari Selasa, dan Kanada I hari Rabu, yang berpeluang menjadi penggerak bagi kedua mata uang terkait. Sedangkan harga minyak berpotensi bergerak dari laporan cadangan persediaan AS di hari Rabu, dan hasil pertemuan OPEC di akhir pekan ini.

Dan fokus utama pasar yang biasanya menjadi penggerak utama adalah data tenaga kerja AS, pada hari Jumat malam. Rangkaian data termasuk non-farm payroll dapat menjadi arahan bagi dolar AS dan menggerak bagi mata uang dan komoditas terkait, dinantikan oleh seluruh pasar sebagai salah satu data utama yang menggambarkan tingkat kesejahteraan buruh di AS.


Video Market Movers Pekan Pertama Maret 2020 :





Potensi Pergerakan

EMAS

Harga emas berpeluang naik menguji level resisten di $1615 - $1630 bila kekhawatiran perlambatan ekonomi Tongkok dan global berlanjut di tengah penyebaran wabah Korona. Namun jika bergerak turun harga emas berpeluang menguji level support $1560 - $1575.


MINYAK

Kekhawatiran akan melambatnya permintaan minyak mentah di tengah outlook perlambatan ekonomi global berpeluang menakan harga minyak menguji level $43.00 - $43.50. Harga minyak berpeluang naik menguji resisten $46.00 - $47.00 bila ada optimisme OPEC lakukan pemangkasan produksi.


EURUSD

EURUSD berpotensi bergerak naik menguji level resisten di 1.1080 - 1.1110 Bila harapan perekonomian Jerman cdan Zona Euro leih baik dari ekspektasi. Level support EURUSD berada pada kisaran 1.1000.


GBPUSD

Potensi no deal Brexit tampaknya masih menjadi momok bagi Inggris, GBPUSD berpeluang turun menguji level support di 1.2725 - 1.2750. Level Resisten pada kisaran 1.2835 - 1.2905.


USDJPY

Dipicu oleh meningkatnya minat pelaku pasar terhadap aset aman, USDJPY berpeluang bergerak turun menguji level support di kisaran 106.50 - 107.20. Resisten USDJPY berada pada kisaran 108.50 - 109.00.


AUDUSD

Potensi perlambatan ekonomi Tiongkok setelah laporan sektor manufaktur yang dirilis dibawah ekspektasi karena virus korona dan melemahnya harga komoditas tembaga berpeluang menekan AUDUSD menguji level support di kisaran 0.6400 - 0.6465. Resisten AUDUSD berada pada kisaran 0.6550 - 0.6600.

Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar.


(Andian)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search