Market Movers: Menanti Berita Baru Brexit, Data Ekonomi Inggris Akan Menggerakkan GBPUSD

Market Movers: Menanti Berita Baru Brexit, Data Ekonomi Inggris Akan Menggerakkan GBPUSD

Jum'at, 09 November 2018 09:07:08 WIB

Kabar terakhir mengenai Brexit adalah laporan yang menyebutkan bahwa Perdana Menteri Inggris Theresa May mengatakan akan menandatangani kesepakatan Brexit pada akhir November ini. Meski begitu hal tersebut masih dipandang oleh para pelaku pasar belum menjadi keputusan final.

Menanti kabar terbaru mengenai Brexit, hari ini rilis data dari Inggris seperti pertumbuhan GDP, Prelim GDP, dan indeks produksi manufaktur pada pukul 16.30 WIB berpotensi memicu volatilitas untuk GBPUSD.

Dari AS, akan ada rilis data PPI dan core PPI pukul 20.30 WIB setelah semalam dollar berhasil mempertahankan penguatannya meski The Fed belum memberikan outlook kenaikan suku bunga untuk tahun 2019.



Potensi Pergerakan

Emas
Pelemahan harga emas berpotensi berlanjut jika support terdekat di 1217 mampu ditembus sebelum mengincar area 1213. Terutama jika data PPI dan core PPI AS dirilis lebih tinggi dari ekspektasi. Resisten terdekat di area 1227-1228.

Minyak Mentah
Harga minyak tampaknya berpotensi akan terus membentuk level terendah sejak delapan bulan lalu. Kekhawatiran oversupply khususnya di AS masih menjadi sentimen utama. Pekan lalu EIA melaporkan bahwa output minyak AS sudah mencapai rekor tertinggi sepanjang masa di 11,6 juta barel per hari. Bahkan EIA memperkirakan output AS akan terus berlanjut lebih tinggi hingga 12,1 juta barel pada 2019 mendatang. Pelemahan harga minyak berpeluang menembus ke bawah 60.00 untuk mengincar 59.85. Jika aksi short covering terjadi karena harga gagal menembus support terdekat di 60.30, resisten terdekat di level 61.70.

EURUSD
Belum adanya katalis positif dari zona euro, penguatan dollar dan proyeksi pertumbuhan Italia yang dipangkas oleh Komisi Eropa akan menambah sentimen negatif untuk EURUSD. Jika mampu menembus support terdekat di 1.1340, pelemahan lebih lanjut akan mengincar area 1.1310. Resisten di area 1.1400.

GBPUSD
GBPUSD berpeluang menguat menguji resisten terdekat di 1.3090 sebelum mengincar area 1.3130 jika serangkaian data-data dari Inggris dirilis lebih tinggi dari ekspektasi. Support di area level psikologis 1.3000.

USDJPY
Outlook adanya gap kebijakan moneter, khususnya kenaikan suku bunga antara AS dan Jepang berpotensi menopang USDJPY. Perlu konsisten bergerak di atas 114.00 sebelum mengincar 114.40. Support di 113.50.

AUDUSD
Pernyataan dari RBA terkait outlook perekonomian Australia pukul 7.30 WIB tadi mengatakan bahwa RBA akan tetap mempertahankan suku bunganya untuk mempertahankan tingkat pengangguran yang sudah baik dan masih akan tetap mengejar target inflasi. Sentimen negatif datang dari masih pesimisnya RBA terhadap utang rumah tangga yang tinggi dan pertumbuhan upah yang masih rendah. Di tengah potensi penguatan dollar AS, AUDUSD berpotensi menguji 0.7200. Resisten di area 0.7285.


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar

(Dini Nurhadi Yasyi)


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search