Market Movers: Menanti Kabar Pasti Brexit, Data Manufaktur Berpotensi Menggerakan GBPUSD

Market Movers: Menanti Kabar Pasti Brexit, Data Manufaktur Berpotensi Menggerakan GBPUSD

Rabu, 02 Januari 2019 08:26:41 WIB

Volatilitas meningkat pada GBPUSD setelah adanya komentar positif dari Presiden Komisi Eropa terkait Brexit. Setelah itu, salah satu Menteri Senior Brexit Liam Fox mengatakan bahwa Inggris bisa jadi tidak akan meninggalkan Uni Eropa pada 29 Maret mendatang, jika Parlemen menolak hasil negosiasi Inggris dengan Uni Eropa. Hal ini akan kembali menjadi fokus para pelaku pasar. Rilis data menufaktur Inggris pukul 16.30 WIB berpotensi menggerakkan GBPUSD.

Selain itu, harapan meredanya hubungan dagang AS-China setelah Presiden Trump memberikan komentar positif, akan menjadi sentimen lain yang akan menggerakkan pasar hari ini. Kondisi ini berpotensi mengurangi permintaan aset safe haven emas dan yen, sertal berpotensi memulihnya harga di bursa saham.



Potensi Pergerakan

Emas
Berada di area level tertinggi 6 bulan, pergerakan harga emas kemungkinan terkoreksi turun mengincar support di 1274 selama harga tidak menembus ke atas 1283. Resisten di area 1286.

Minyak Mentah
Pergerakan harga minyak berpeluang menguat jika mendapat sentimen positif dari pulihnya bursa saham. Peluang penguatan mengincar 47.00 jika mampu konsisten bergerak di atas 46.30. Support di 44.40.

EURUSD
Kabar positif hubungan dagang AS-China berpotensi menopang penguatan dollar, dampaknya EURUSD berpotensi menguji area support 1.1420 selama harga bergerak di bawah 1.1465. Resisten terdekat di level 1.1480.

GBPUSD
Menanti kepastian Brexit, terutama pelaksanaan voting, GBPUSD berpotensi melemah menguji support 1.2795. Terutama jika data manufaktur Inggris dirilis lebih rendah dari 52.5. Resisten di level 1.2780.

USDJPY
Aksi short covering dan potensi pulihnya bursa saham yang menurunkan permintaan yen berpotensi topang UDSJPY naik mengincar resisten terdekat 110.00. Support di level 109.20.

AUDUSD
Level 0.7030 menjadi area support kuat bagi AUDUSD. Selama tidak menembus konsisten ke bawal level tersebut, AUDUSD masih berpeluang menguat menguji resisten 0.7060-0.7070.

Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar


(Dini Nurhadi Yasyi)


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search