Market Movers: Menanti Kepastian Deal Brexit, Indeks Rata-Rata Upah Inggris Bisa Menjadi Penggerak

Market Movers: Menanti Kepastian Deal Brexit, Indeks Rata-Rata Upah Inggris Bisa Menjadi Penggerak

Selasa, 19 Maret 2019 08:45:25 WIB

GBPUSD sempat mendapat tekanan dari berita peringatan Juru Bicara Parlemen Inggris John Bercow kepada Theresa May bahwa parlemen tidak akan menerima proposal kesepakatan yang sudah diajukan sebelumnya. Hal ini sempat membuat kekhawatiran bahwa May bisa saja kembali tidak mendapat dukungan mengenai kesepakatan yang terbatas oleh penolakan parlemen tersebut.

Menanti outlook kepastian Brexit, rilis data indeks rata-rata upah Inggris pukul 16.30 WIB serta tingkat pengangguran bisa menjadi katalis penggerak selanjutnya bagi GBPUSD. Diekspektasikan indeks rata-rata upah hanya tumbuh 3,2% lebih rendah dibandingkan sebelumnya 3,4%.

Dari Zona Euro, akan rilis dana indeks sentimen ekonomi di Jerman versi ZEW pukul 17.00 WIB.

Market Movers hari ini



Potensi Pergerakan

Emas
Harga emas masih mendapat sentimen positif dari kekhawatiran pasar terhadap perekonomian AS yang stagnan. Outlook sikap dovish The Fed dari hasil rapat kebijakan Kamis dini hari nanti turut menopang harga emas. Mampu konsisten bergerak di atas 1306, peluang penguatan harga emas selanjutnya mengincar 1310 sebelum mengincar 1314. Support di level psikologis 1300.

Minyak Mentah
OPEC yang tetap berkomitmen memangkas produksinya di tengah masih berjalannya sanksi Iran dan terganggunya produksi Venezuela menjadi sentimen kenaikan harga minyak. Di tengah upaya penyeimbangan supply. Peluang harga minyak lanjut naik akan menguji level 60.00 sebelum mengincar 60.50. Support di level 58.30.

EURUSD
Sentimen ekonomi di Jerman diprediksi meningkat tipis di angka -11.0 dibandingkan sebelumnya -13.4. Jika data dirilis lebih tinggi, EURUSD berpeluang menguat setelah outlook perlambatan ekonomi selalu membebani. Tembus level 1.1355, peluang lanjut naik mengincar 1.1370. Support terdekat di level 1.1310.

GBPUSD
Jika rilis data indeks rata-rata upah dapat menjadi katalis positif, peluang GBPUSD naik akan menguji area level tertinggi Juni 2018 di 1.3330 sebelum mengincar 1.3375. Sebaliknya, jika ternyata outlook Brexit kembali membebani, potensi turun ke support 1.3185.

USDJPY
Potensi outlook dovish dari The Fed berpotensi mengurangi permintaan terhadap dollar. Dampaknya, USDJPY berpotensi turun. Jika mampu tembus 111.15, potensi turun lebih lanjut mengincar level psikologis 111.00. Resisten terdekat di level 111.60.

AUDUSD
Meski notulensi RBA pagi tadi memperlihatkan adanya indikasi pemangkasan tingkat suku bunga, namun melihat kondisi tenaga kerja yang terus membaik dan tingkat pengangguran yang terus turun ke angka 4,75%, AUDUSD sempat bergerak naik di awal perdagangan hari ini. Peluang untuk lanjut naik perlu konsisten bergerak di atas 0.7120 sebelum mengincar 0.7130. Support terdekat di 0.7075.


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar

(Dini Nurhadi Yasyi)


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search