Market Movers: Menanti Rilis Data Manufaktur AS, Isu Eskalasi Perang Dagang Jadi Fokus

Market Movers: Menanti Rilis Data Manufaktur AS, Isu Eskalasi Perang Dagang Jadi Fokus

Senin, 03 Juni 2019 09:11:51 WIB

Yield Treasury AS melemah tajam dan menjadi sentimen negatif untuk dollar. Hal tersebut dipengaruhi oleh eskalasi perang dagang yang diperkirakan melebar dari Presiden AS Donald Trump. Pada akhir pekan lalu, Trump mengatakan akan menaikkan tarif impor untuk Meksiko dan akan berlaku per 10 Juni mendatang. Hal tersebut menjadi kejutan dan membuat kekhawatiran akan perang dagang semakin melembar.

Dampaknya, permintaan aset safe haven seperti emas dan yen meningkat dan membuat nilainya melambung tinggi. Belum selesai persoalan AS dengan China, pasar melihat perang dagang kemungkinan meluas setelah AS berlakukan kenaikan tarif impor kepada Meksiko.

Sebagai penggerak pada dollar hari ini yaitu rilis data aktivitas manufaktur pukul 21.00 WIB. Sebelum itu, Inggris pun dijadwalkan akan merilis data yang sama pada pukul 15.30 WIB.

Market Movers pekan ini



Potensi Pergerakan

Emas
Setelah penguatan tajam yang terjadi, aksi profit taking berpotensi terjadi selama harga tidak menembus ke atas 1315. Support terdekat di 1306. Namun, jika dollar kembali mendapat sentimen negatif dari rilis data aktivitas manufaktur yang buruk, peluang penguatan harga emas akan mengincar area 1318.

Minyak Mentah
Melebarnya eskalasi perang dagang membuat kekhawatiran akan perlambatan ekonomi global kembali terjadi. Hal tersebut akan berdampak pada menurunnya permintaan terhadap minyak yang berpotensi menekan harga. Potensi pelemahan harga minyak mengincar 50.65 jika mampu tembus 52.20. Resisten terdekat di 53.70.

EURUSD
Potensi penguatan EURUSD selanjutnya perlu tembus konsisten di atas 1.1200 dengan area resisten selanjutnya di 1.1240. Terutama jika dollar kembali melemah. Rilis data aktivitas manufaktur Zona Euro dari pukul 14.15 - 15.00 WIB dapat menjadi perhatian. Support kuat terlihat di level 1.1130.

GBPUSD
Support kuat untuk GBPUSD terlihat di level 1.2600. Selama bergerak di atas level tersebut, GBPUSD dalam kecenderungan untuk menguat 1.2720. Terutama jika pelemahan dollar kembali mendominasi sentimen pasar. Sebaliknya, jika data aktivitas manufaktur menjadi sentimen negatif, potensi pelemahan perlu tembus 1.2600 untuk mengincar 1.2565.

USDJPY
Potensi meningkatnya permintaan terhadap safe haven yen berpotensi membuat USDJPY turun mengincar level 107.90. Namun melihat penurunan tajam yang terjadi, potensi short covering akan membawa USDJPY naik ke 108.50.

AUDUSD
Setelah rilis data aktivitas manufaktur China yang ternyata stabil membuat AUDUSD menguat hingga menyentuh resisten 0.6950. Jika sentimen positif berlanjut di tengah potensi pelemahan dollar, peluang penguatan selanjutnya mengincar level 0.6970. Support di level 0.6910.


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar

(Dini Nurhadi Yasyi)


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search