Market Movers: Menunggu Minutes Fed

Market Movers: Menunggu Minutes Fed

Rabu, 20 Agustus 2014 10:37:28 WIB

Monexnews - Indeks dollar AS menguat ke 81.9 pagi ini, membuat rekor tertinggi baru di tahun 2014 ini. Penguatan dollar ini karena bagusnya data perumahan AS, Building Permits dan Housing Starts yang dirilis melebihi perkiraan pasar. Ini memberi indikasi sektor perumahan AS makin sehat. Tidak cuma dollar yang menguat, indeks saham AS pun turut menguat karena data ini.

Hari ini pasar menunggu data penting dari Bank Sentral AS (Fed) yaitu notulen atau minutes dari rapat kebijakan moneter Fed yang terakhir. Minutes ini ditunggu karena pasar ingin mencari indikasi kemungkinan percepatan kenaikan suku bunga acuan AS dan perubahan kebijakan moneter lainnya. Indikasi percepatan kenaikan suku bunga bisa mendorong penguatan dollar AS.

Sementara pagi tadi, Gubernur Bank Sentral Australia (RBA), Glenn Stevens, telah menyampaikan testimoninya di hadapan parlemen. Dalam testimoninya, Stevens mengindikasikan tidak ada perubahan kebijakan moneter untuk sementara waktu. Nilai Dollar Australia tidak banyak berubah pasca testimoni dari Gubernur RBA.

Dari Jepang juga telah dirilis data Neraca Perdagangan untuk bulan Juli yang hasilnya terjadi defisit yang lebih besar dari ekspektasi, -1,02 T
yen vs. -0,77 T yen. Hasil ini membantu pelemahan nilai tukar yen. Pasar bisa berasumsi bahwa data-data ekonomi yang buruk membutuhkan stimulus dari pemerintah atau bank sentral. Pemberian stimulus akan menekan turun nilai tukar yang bersangkutan.

Sore ini, kekuatan nilai tukar
poundsterling akan kembali diuji. Kemarin GBP melemah akibat data-data yang berkaitan dengan tingkat inflasi lebih buruk dari perkiraan. Hari ini GBP akan diuji oleh hasil voting rapat Bank Sentral Inggris (BoE) yang terakhir. Bila voting menunjukkan ada satu orang yang mendukung kenaikan suku bunga, GBP bisa menguat lagi dan sebaliknya bila tidak, tekanan turun berpotensi masih akan dirasakan GBP. Selain itu juga akan dirilis data CBI Industrial Orders Expectation Inggris untuk Bulan Agustus. Data ini menggambarkan jumlah pesanan yang akan masuk ke pabrik-pabrik di Inggris dalam tiga bulan ke depan. Hasil yang di bawah prediksi, bisa menambah tekanan turun untuk nilai GBP.

Malam ini dari Kanada akan dirilis data Wholesale Sales untuk Bulan Juni. Data ini cukup berpengaruh pada pergerakan nilai tukar dollar Kanada (CAD) karena data ini bisa menjadi indikasi besaran belanja konsumen. Data yang lebih besar dari ekspektasi berpeluang mendorong penguatan CAD.

Untuk komoditi minyak mentah WTI, pasar akan memperhatikan data stok minyak mentah AS mingguan yang akan dirilis malam ini dengan ekspektasi -1,3 juta barel. Harga minyak mentah sedang menurun karena redanya ekskalasi geopolitik dan bertambahnya suplai dari 2 kilang minyak yang dibuka di Libya.

Dan dari bursa saham AS, akan dirilis laporan earnings atau pendapatan dari Hewlett Packard setelah bursa ditutup dinihari nanti.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:
http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)


(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search