MARKET MOVERS: Munculnya Kekhawatiran Kelancaran Kesepakatan AS - Tiongkok Bayangi Pergerakan Pasar

MARKET MOVERS: Munculnya Kekhawatiran Kelancaran Kesepakatan AS - Tiongkok Bayangi Pergerakan Pasar

Rabu, 15 Januari 2020 08:31:27 WIB

Sekertaris keuangan AS, Steven Mnuchin, melalui pernyataan pers Kamis,menyatakan AS belum akan mencabut semua tarif produk Impor Tiongkok yang sudah berlaku hingga pembahasan kesepakatan dagang tahap ke-2, memicu kekhawatiran para pelaku pasar terhadap kelangsungan penandatanganan kesepakatan dagang kedua negara yang akan berlangsung hari ini (15/1) di AS. Kabar terkini jadwal penandatanganan pada jam 11:30 siang AS, atau sekitar 23:30WIB, masih dapat berubah.

Kabar negatif lainnya adalah upaya tim administrasi Trump untuk kembali membatasi penjualan teknologi-teknologi AS kepada perusahaan telekomunikasi Tiongkok, Huawei. Sikap AS ini terus menambah kekhawatiran pelaku pasar kemungkinan berlanjutnya perang dagang kedua negara. Di tengah pandangan pasar, terjalinnya kerja sama dagang kedua negara berpeluang membantu pemulihan ekonomi global yang berimbas negatif atas perang dagang dua negara ekonomi terbesar tersebut.

Kepala BoJ, Haruhiko Kuroda, pada pidatonya pagi ini menyatakan masih akan menjalankan program pelonggaran moneter seperlunya, hingga target inflasi konsumen mencapi level stabil pada 2.0%, dan menjaga tingkat suku bunga tetap di bawah nol selama diperlukan.

Faktor-faktor penggerak lainnya hari ini diantaranya pidato anggota MPC Michael Saunders dan data CPI Inggris berpeluang menggerakkan GBPUSD. Peluang penggerak EURUSD dari data Trade Balance Zona Euro. AS akan merilis data PPI dan PPI Inti di malam hari yang berpeluang menggerakkan nilai tukar dolar AS. Dan lapiran cadangan persediaan minyak mentah AS versi EIA berpeluang menggerakkan harga minyak.



Video Market Movers Hari Selasa:




Potensi Pergerakan

EMAS
Terpicunya kekhawatiran kelangsungan penandatanganan kesepakatan dagang AS - Tiongkok setelah pernyataan sekertaris keuangan AS berpotensi angkat harga emas menguji resisten $1556 - $1560.Level support pada kisaran $1535 - $1540.

MINYAK
Meredanya ketegangan di Timur Tengah dan Libia berpeluang menekan harga minyak turun menguji support $57.50 - $57.70. Level Resisten pada kisaran $58.70 - $59.20.

EURUSD
EURUSD berpeluang bergerak naik menguji level resisten di 1.1150 - 1.1170 bila dolar AS tertekan oleh kekhawatiran terganggunya kesepakatan dagang tahap pertama AS - Tiongkok. Support EURUSD berada pada kisaran 1.1080 - 1.1100.

GBPUSD
Optimisme Brexit berpotensi membantu GBPUSD naik menguji resisten 1.3045 - 1.3080. Level support pada kisaran 1.2950 - 1.3000.

USDJPY
Kekhawatiran kelangsungan kesepakatan dagang AS - Tiongkok setelah pernyataan dari pemerintah AS berpeluang menekan USDJPY turun menguji support 109.50. Namun bila pernyataan Ketua BoJ Haruhiko Kuroda mendapatkan respon lebih besar dari pasar, berpotensi mendukung kenaikan menguji resisten 110.20 - 110.50.

AUDUSD
AUDUSD berpotensi bergerak turun menguji level support di 0.6840 - 0.6870 bila kekhawatiran kelangsungan kesepakatan dagang AS - Tiongkok terganggu oleh pernyataan pemerintah AS. Level resisten pada kisaran 0.6920 - 0.6950.

Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar.


(Andian)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search