Market Movers: Outlook BoJ Berpotensi Tingkatkan Volatilitas USDJPY

Market Movers: Outlook BoJ Berpotensi Tingkatkan Volatilitas USDJPY

Rabu, 23 Januari 2019 09:18:03 WIB
Bank of Japan (BoJ) akan mengumumkan kebijakan moneter hari ini, diperkirakan belum akan ada perubahan kebijakan, namun outlook perekonomian Jepang maupun kebijakan kedepannya berpotensi meningkatkan volatilitas USDJPY.

Inflasi di Jepang diperkirakan akan mengalami penurunan di tahun ini, sehingga BoJ kemungkinan akan kembali menurunkan proyeksi inflasi. BoJ juga akanmenahan suku bunga rendah dan stimulus moneter lebih lama dari niat sebelumnya. Bahkan stimulus di tahun fiskal yang dimulai bulan April nanti akan dikurangi.

Market Mover hari ini


Potensi Pergerakan

Emas
Emas saat ini bergerak dekat level high Selasa dan jika mampu menembus resisten terdekat di kisaran 1286, emas berpeluang naik ke level 1289 sampai 1292. Support terdekat berada di kisaran 1280.

Minyak Mentah
Harga minyak mentah melemah pada hari Selasa akibat aksi profit taking serta penurunan proyeksi pertumbuhan ekonomi global oleh IMF. Meski demikian pelaku pasar juga masih melihat seberapa besar pemangkasan produksi OPEC dapat mengurangi suplai global, yang membuka potensi kembali menguatnya harga minyak mentah. Support terdekat berada di kisaran 52.35 selama tidak ditembus harga minyak mentah berpotensi menguat ke area 53.55 atau lebih jauh ke 54.30.

EURUSD
Bank Sentral Eropa (ECB) yang akan mengumumkan kebijakan moneter Kamis besok kemungkinan membuat EURUSD bergerak dalam rentang sempit di kisaran 1.1320 - 1.1390 pada hari ini dengan kecenderungan melemah akibat pelambatan ekonomi zona euro.

GBPUSD
Data ekonomi indeks upah dan tingkat pengangguran Inggris yang lebih bagus dari estimasi menguatkan GBPUSD Selasa kemarin. Potensi penguatan hari ini kemungkinan masih terbatas pada level psikologis 1.3000, dan berpotensi turun ke 1.2880 selama tertahan di bawah level tersebut. Hanya penembusan konsisten di atas level 1.3000 yang dapat membawa harga naik ke 1.3060.

USDJPY
Jika BoJ menurunkan proyeksi inflasi dan menyatakan akan menahan stimulus moneter lebih lama, USDJPY berpeluang naik ke area 110.10 atau lebih jauh ke area 110.45. Sebaliknya, jika BoJ memberikan kejutan dengan mengindikasikan akan mengurangi stimulus dalam waktu dekat, USDJPY berpotensi turun ke area 108.85.

AUDUSD
Masih mendapat sentimen negatif dari perlambatan ekonomi China dan pelemahan bursa saham, AUDUSD berpeluang turun ke area 0.7075 jika menembus level 0.7115. Resisten terdekat di kisaran 0.7155.

Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar

(Putu Agus Pransuamitra)
(pap/Monex)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search