Market Movers: Outlook Kebijakan Suku Bunga Australia Berpotensi Tahan Penguatan Aussie

Market Movers: Outlook Kebijakan Suku Bunga Australia Berpotensi Tahan Penguatan Aussie

Selasa, 04 Desember 2018 09:13:53 WIB

Reserve Bank of Australia (RBA) pada pukul 10.30 WIB nanti akan mengumumkan kebijakan suku bunganya. Diekspektasikan bank sentral belum akan mengubah suku bungannya, artinya terhitung sudah 25 kali pertemuan RBA mempertahankan suku bunga di 1.50%.

Yang akan menjadi fokus adalah outlook kebijakan suku bunga dari RBA pada tahun depan setelah Australia mencatat pencapaian penurunan angka pengangguran yang sudah mencapai target The Reserve Bank's Full Employment di angka 5%.



Potensi Pergerakan

Emas
Penguatan harga emas berpeluang mengincar resisten 1240 dengan support di 1228. Melemahnya dollar di tengah meredanya hubungan dagang AS-China berpotensi menopang harga emas.

Minyak Mentah
Kabar baru yang menyebutkan bahwa Provinsi Alberta, Kanada juga akan memangkas produksinya di tengah outlook pemangkasan produksi dari OPEC dan Rusia, berpeluang masih menjadi katalis positif untuk harga minyak mengincar area 54.60. Support di 52.20.

EURUSD
Minim katalis dari zona euro, pergerakan euro akan digerakan oleh sentimen dollar dan Brexit. Jika dollar masih melemah, euro berpeluang menguat mengincar 1.1390. Potensi pelemahan bisa terjadi jika pasar masih mengkhawatirkan persoalan Brexit dengan support terdekat di 1.1330.

GBPUSD
Pasar yang kembali khawatir akan ancaman ditolaknya proposal Brexit oleh Parlemen Inggris, GBPUSD berpotensi bergerak volatil hari ini. Jika sentimen Brexit mendominasi, level psikologis 1.2700 akan diuji. Tembus level tersebut pelemahan selanjutnya ke 1.2670. Resisten di area 1.2770.

USDJPY
Di awal perdagangan sesi Asia, sentimen pelemahan dollar yang berlanjut membuat USDJPY turun ke level 113.26. Support selanjutnya yang akan diuji di area 113.15. Jika gagal menembus support tersebut, kenaikan USDJPY di area resisten 113.65.

AUDUSD
Jika RBA belum memberikan outlook kenaikan suku bunga untuk tahun depan, aussie berpotensi mendapat sentimen negatif dan membuat AUDUSD melemah menguji 0.7320. Tembus level tersebut pelemahan selanjutnya mengincar 0.7300. Resisten terdekat di 0.7380.


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar


(Dini Nurhadi Yasyi)


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search