Market Movers: Outlook Kebijakan Suku Bunga dari RBA

Market Movers: Outlook Kebijakan Suku Bunga dari RBA

Selasa, 06 November 2018 08:13:06 WIB

Pada pukul 10.30 WIB nanti Reserve Bank of Australia (RBA) kembali akan mengumumkan kebijakan moneternya terkait suku bunga acuannya. Meski hampir bisa dipastikan RBA masih akan mempertahankan suku bunganya di 1,50% namun tampaknya investor akan fokus pada pernyataan dari RBA.

Beberapa analis melihat, penurunan angka pengangguran yang sudah mencapai target, menimbulkan ekspektasi bahwa tidak menutup kemungkinan RBA bisa saja menaikkan suku bunga acuannya pada akhir tahun 2018. Selain itu, ada kemungkinan RBA akan memberikan proyeksi inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan pemangkasan proyeksi angka pengangguran untuk dua tahun ke depan.

Dari Amerika Serikat, hari ini diadakan Pemilu Kongres AS yang sejak semalam telah menekan kekuatan dollar AS.

Potensi Pergerakan

Emas
Jika sentimen pelemahan dollar berlanjut karena antisipasi investor terhadap kondisi politik AS, harga emas berpeluang menguat menguji resisten 1234 sebelum mengincar 1237, selama tidak menembus area support 1227-1228.

Minyak Mentah
Melonggarnya sanksi AS terhadap Iran yang sedang berjalan dengan mengizinkan beberapa negara untuk melakukan impor dari Teheran serta masih berlangsungnya kekhawatiran terhadap oversupply dari negara produsen minyak dunia tampaknya berpotensi menjadi sentimen negatif untuk harga minyak. Potensi pelemahan selanjutnya menguji level 62.30 sebelum mengincar 61.75. Namun setelah membentuk level terendah baru selama 7-bulan, ada pula potensi aksi short covering menguji resisten terdekat di 63.40 sebelum mengincar 64.50.

EURUSD
Selain adanya sentimen pelemahan dollar peluang penguatan EURUSD akan menguji resisten terdekat di 1.1440 untuk selanjutnya mengincar 1.1465. Support terdekat di area 1.1380.

GBPUSD
Perdana Menteri Inggris Theresa May yang membantah balik bahwa kesepakatan Brexit hanya spekulasi, ditambah dengan adanya kabar bahwa semua kesepakatan bea cukai Inggris akan dicantumkan dalam perjanjian Brexit, berpotensi menjadi sentimen positif untuk sterling. Jika resisten 1.3090 berhasil ditembus, peluang penguatan GBPUSD selanjutnya mengincar 1.3130. Support terdekat di area 1.3030.

USDJPY
Jika sentimen pelemahan dollar di tengah Pemilu Kongres mendominasi sentimen pergerakan pasar, USDJPY berpotensi turun menguji support terdekat di 112.90 untuk selanjutnya mengincar area 112.60. Resisten di 113.75.

AUDUSD
AUDUSD berpeluang menguat menguji resisten 0.7240 sebelum mengincar area 0.7255 jika RBA memberikan pernyataan bernada hawkish terkait outlook kebijakan suku bunga. Sebaliknya, jika masih ada indikasi RBA akan mempertahan suku bunga, pelemahan AUDUSD ke area 0.7160.


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar


(Dini Nurhadi Yasyi)


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search