Market Movers: Outlook Perdamaian AS-China Berpotensi Mengurangi Kekhawatiran Pasar

Market Movers: Outlook Perdamaian AS-China Berpotensi Mengurangi Kekhawatiran Pasar

Senin, 25 Februari 2019 08:51:32 WIB

Di tengah kekhawatiran perlambatan ekonomi global, kabar terbaru mengenai negosiasi AS-China tampaknya akan mengurangi kekhawatiran itu. Pasalnya, Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa AS akan menunda memberlakukan tambahan kenaikan tarif impor China yang sebelumnya akan dilaksanakan pada 1 Maret mendatang.

1 Maret adalah tenggat waktu berakhirnya "genjatan senjata" antara kedua negara. Dari pernyataan Trump tersebut, para pelaku pasar semakin optimis bahwa kedua negara akan mencapai kesepakatan, terlebih China juga berkomitmen untuk membeli barang-barang AS senilai $1,2 triliun.

Gubernur Bank of England (BoE) Mark Carney diagendakan akan menyampaikan pidatonya di London hari ini pukul 17.00 WIB.

Market Movers Pekan Ini


Potensi Pergerakan

Emas
Harga emas berpeluang menguat jika mampu menembus konsisten ke atas 1333 untuk mengincar area 1338. Sebaliknya, potensi pelamahan harga emas untuk terkoreksi dari area level tertinggi 10 bulan ke support terdekat di 1324. Tembus level tersebut, potensi pelemahan selanjutnya mengincar area 1320.

Minyak Mentah
Outlook perdamaian AS-China berpotensi menopang harga minyak karena akan berpengaruh pada kondisi perekonomian global. Peluang penguatan perlu konsisten menembus ke atas 58.40 sebelum mengincar area 59.50. Support di level 55.00.

EURUSD
EURUSD tampaknya akan bergerak sideways antara support terdekat 1.1315 dan resisten terdekat 1.1385 dengan kecenderungan untuk menguat. Di tengah minimnya rilis data ekonomi penting dari Zona Euro.

GBPUSD
Pergerakan GBPUSD juga berpotensi cenderung sideways antara support terdekat 1.3000 dan resisten terdekat 1.3120. Pidato Gubernur BoE Carney akan menjadi fokus hari ini.

USDJPY
Menguatnya bursa saham AS dan Asia pada perdagangan Jumat lalu berpotensi membuat permintaan yen berkurang dan USDJPY berpeluang naik mengincar 111.30. Outlook positif hasil negoasiasi dagang AS-China akan menjadi katalis penggerak. Support terdekat di level 110.40.

AUDUSD
AUDUSD juga sudah bergerak menguat setelah kabar positif dari Trump mengenai penundaan kebijakan tarif impor China. Jika mampu menembus ke atas 0.7180, peluang penguatan lebih lanjut mengincar 0.7200. Support di level 0.7120.


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar


(Dini Nurhadi Yasyi)


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search