Market Movers: Outlook Positif Brexit Berpotensi Mengembalikan Kekuatan Sterling

Market Movers: Outlook Positif Brexit Berpotensi Mengembalikan Kekuatan Sterling

Selasa, 11 September 2018 08:44:16 WIB

Pada perdagangan sesi sebelumnya, GBPUSD telah menguat hingga lebih dari 100 pip ditopang oleh sentimen positif dari outlook Brexit. Ketua negosiator Uni Eropa, Michel Barnier, mengatakan bahwa adanya kemungkinan untuk mendapatkan kesepakatan Brexit dalam beberapa pekan ke depan. Ini menjadi kabar yang positif mengingat poundsterling sempat terpuruk karena adanya kekhawatiran "no-deal" Brexit.

Rilis data tenaga kerja Inggris yang terdiri dari indeks rata-rata gaji, klaim pengangguran, dan tingkat pengangguran pukul 15.30 WIB nanti akan menguji ketahanan kekuatan GBPUSD. Jika dirilis lebih baik, maka peluang penguatan pun bisa berlanjut.

Potensi Pergerakan

Emas
Indeks dollar yang terkoreksi pada sesi sebelumnya berpotensi berlanjut di tengah investor yang didominasi oleh sentimen positif Brexit yang menguatkan poundsterling dan melemahkan dollar. Jika berlanjut, maka penguatan harga emas mengincar level psikologis 1200 terutama jika mampu menembus resisten 1197. Support di level 1189.

Minyak Mentah
Sempat terkoreksi karena laporan Bloomberg yang menyebutkan kemungkinan melonjaknya suplai minyak AS, namun mengingat bahwa pengaruh sanksi Iran yang akan mengurangi suplai, harga minyak berpotensi menguat menguji resisten terdekat di level 68.00 sebelum mengincar 69.00. Support terdekat di level 67.15.

EURUSD
Di tengah minimnya katalis dari Zona Euro, pergerakan diperkirakan akan didominasi oleh kekuatan dollar. Jika indeks dollar lanjutkan pelemahannya hari ini, maka penguatan EURUSD menguji resisten terdekat di level 1.1620. Support di area 1.1550.

GBPUSD
Konsisten bergerak di atas level psikologis 1.3000, GBPUSD berpeluang lanjutkan penguatannya untuk mengincar area 1.3060 - 1.3090. Support terlihat di level 1.2960.

USDJPY
Di awal perdagangan Asia, USDJPY sudah menguat ke area resisten 111.40. Jika mampu bergerak di atas level tersebut, maka kenaikan selanjutnya mengincar level 111.70 - 112.00. Support di level 110.80.

AUDUSD
Aksi short covering AUDUSD berpeluang berlanjut pada hari ini selama tidak bergerak ke bawah level 0.7095. Resisten terdekat di level 0.7150. Jika sentimen buruknya indeks keyakinan bisnis dari NAB mendominasi pergerakan, maka pelemahan AUDUSD mengincar support terdekat di level 0.7080.


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar


Dini Nurhadi Yasyi


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search