Market Movers: Pasar Khawatir Tapering Karena Data Ekonomi AS

Market Movers: Pasar Khawatir Tapering Karena Data Ekonomi AS

Kamis, 05 Desember 2013 11:32:47 WIB

Monexnews - Data ekonomi AS yang dirilis semalam rata-rata menunjukkan hasil yang bagus. Data ADP Non-farm Payrolls, data penjualan rumah baru, data neraca perdagangan menunjukkan perbaikan dari bulan sebelumnya. Hanya data PMI sektor jasa yang disurvei ISM yang lebih buruk dari data bulan sebelumnya meskipun dikategorikan masih berekspansi.

Dollar sempat menguat begitu rentetan data-data menunjukan hasil bagus , namun tertekan kembali ketika PMI sektor jasa menunjukkan hasil yang lebih pesimis. Pasar masih terombang-ambing mengenai kapan

tapering akan dilakukan sehingga pasar sangat reaktif terhadap data-data ekonomi AS yang penting. Bursa saham yang sangat bullish pekan lalu, pekan ini terlihat mulai mengalami aksi profit taking. Para pelaku pasar kelihatan khawatir dengan bagusnya data-data ekonomi AS yang bisa memicu kebijakan tapering akan dilakukan lebih cepat. Nanti malam beberapa data dan event penting akan menjadi fokus pasar yaitu hasil keputusan rapat kebijakan bank sentral Inggris, hasil keputusan rapat kebijakan dan konferensi pers bank sentral Eropa, data klaim tunjangan penganguran mingguan AS, dan data GDP AS kuartal ke-3 pengukuran ke-2.

Semua data di atas adalah market mover yang besar bagi pergerakan instrumen keuangan. Tentu, fokus lebih ke data-data AS. Hasil keputusan rapat kebijakan moneter bank sentral Inggris dan Eropa kemungkinan tidak beruba, sama seperti sebelumnya. Namun bank sentral Eropa bisa memberikan pernyataan yang

dovish terkait prospek kebijakan moneter ke depannya mengingat ekonomi Eropa masih terkena efek krisis hutang. Pernyataan yang demikian akan memberikan tekanan bagi nilai tukar euro.

(Ariston Tjendra)


(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search