Market Movers: Pasar Masih Menunggu FOMC, Aussie Terjerembab

Market Movers: Pasar Masih Menunggu FOMC, Aussie Terjerembab

Selasa, 30 Juli 2013 11:40:25 WIB

Monexnews - Pagi ini buruknya data-data ekonomi Jepang yang dirilis yaitu data belanja rumah tangga dan produksi industri malah membuat indeks Nikkei Futures menguat lebih dari 300 poin. Rupanya pasar menanggapi data tingkat pengangguran Jepang yang mencapai level terendah dalam 4,5 tahun di 3,9% dibandingkan bulan sebelumnya 4,1%. Rasio jumlah lowongan pekerjaan dibandingkan dengan jumlah pencari kerja naik ke level tertinggi dalam 5 tahun di 0,92 dibandingkan hasil bulan Mei di 0,90. Jumlah pekerjaan baru yang ditawarkan juga naik 2,2% di bulan Juni dibandingkan bulan sebelumnya. Hal ini mengindikasikan pemerintah Abe sudah dalam jalur yang benar untuk memulihkan ekonomi Jepang.

Penguatan indeks Nikkei ini juga didukung oleh

yen yang kembali melemah. Kini sudah berada di level 98.30 an dari sebelumnya di 97 an yen per dollar.

Sementara dollar Australia tertekan cukup dalam, yakni sekitar 140 pips dari level pembukaan pagi ini karena pernyataan gubernur

bank sentralnya yang masih membuka peluang pemangkasan suku bunga lagi untuk mendukung perekonomian.

Sejauh ini indeks dollar AS terlihat masih melakukan konsolidasi karena pasar menantikan banyak data penting pekan ini seperti data GDP AS kuartal II, hasil FOMC meeting dan data tenaga kerja AS Non-farm Payrolls.

Sore nanti beberapa data dari zona

euro mungkin bisa mempengaruhi pergerakan EUR/USD yaitu data CPI Jerman, GDP Spanyol, dan lelang obligasi Italia.

Dan malam harinya dari AS akan dirilis data indeks harga rumah 20 kota besar AS dan data survei tingkat keyakinan konsumen.

(Ariston Tjendra)


(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search