Market Movers  Pelemahan Dollar AS Berpotensi Menjadi Penggerak Pasar di Awal Sesi

Market Movers Pelemahan Dollar AS Berpotensi Menjadi Penggerak Pasar di Awal Sesi

Selasa, 16 Oktober 2018 08:49:51 WIB

Pelemahan dollar AS yang dipicu oleh pesimisnya data penjualan retail AS semalam berpotensi akan menjadi penggerak pasar dalam jangka pendek dengan pagi ini para pelaku pasar akan melihat perilisan minutes RBA untuk petunjuk kebijakan bank sentral Australia serta perilisan data CPI dan PPI China di tengah kekhawatiran melambatnya pertumbuhan ekonomi China.

Selain itu pada hari ini fokus pasar juga akan tertuju pada perilisan data tenaga kerja dan upah Inggris pada pukul 15.30 WIB yang dapat memicu volatilitas pada GBPUSD di tengah risiko ketidakpastian Brexit menjelang negosiasi pada hari Rabu.

Potensi pergerakan

Emas


Harga emas berpeluang menguat dalam jangka pendek di tengah sentimen pelemahan dollar AS dan pasar saham global, dengan menguji level resisten di $1232 - $1235. Namun jika data ekonomi China dipandang pesimis oleh pasar, harga emas berpotensi terkoreksi untuk mengincar support di $1221 - $1220.

Minyak

Harga minyak berpeluang menguat dalam jangka pendek seiring pasar yang mempertimbangkan kekhawatiran terhadap risiko suplai karena ketegangan Arab Saudi dengan AS dan adanya bukti berkurangnya ekspor Iran setelah Korea Selatan hentikan impor dari mereka dengan level resisten terlihat di $72.10 - $72.50. Sementara itu jika bergerak turun, level support terlihat di $71.30-$71.00.

EURUSD

EURUSD berpotensi bergerak naik dalam jangka pendek karena ditopang pelemahan dollar AS dengan menargetkan level resisten di 1.1620 - 1.1650. Namun, harga berpotensi berbalik turun karena masih adanya kekhawatiran terhadap perselisihan antara Italia dan Uni Eropa terkait defisit anggaran untuk menguji level support di 1.1540 - 1.1500. Hari ini investor akan melihat data harga impor Jerman pukul 13.00 WIB dan neraca perdagangan zona Euro serta Italia pukul 16.00 WIB dan 17.00 WIB yang dapat menggerakan harga.

GBPUSD

GBPUSD berpotensi terkoreksi pada hari ini di tengah kekhawatiran terhadap risiko Brexit yang masih ada serta khususnya jika data upah dan tenaga kerja Inggris yang dirilis pukul 15.30 WIB dirilis lebih buruk dari estimasi dengan mengincar level support di 1.3110 - 1.3100. Sementara itu jika bergerak naik, level resisten terlihat di 1.3200.

USDJPY

Dengan tidak adanya data domestik Jepang hari ini, pergerakan USDJPY berpeluang masih dipicu oleh outlook pelemahan dollar AS dan pasar saham global yang dapat mendorong pasangan mata uang ini bergerak turun mengincar support ke 111.40 - 111.00. Sementara itu jika bergerak naik level resisten terlihat di 112.20 - 112.50.

AUDUSD

Perilisan minutes RBA yang terlihat dovish karena tidak indikasikan akan perketat kebijakan dalam waktu dekat berpeluang memicu pelemahan AUDUSD untuk menguji level support di 0.7100. Namun, AUDUSD berpeluang untuk bergerak naik membidik resisten di 0.7170 jika trader mempertimbangkan pelemahan dollar AS dan tingginya harga komoditas.


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar
(Faisyal)
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search