Market Movers: Pemangkasan GWM China Beri Sentimen Positif Ke Pasar Keuangan

Market Movers: Pemangkasan GWM China Beri Sentimen Positif Ke Pasar Keuangan

Senin, 20 April 2015 10:48:10 WIB

Monexnews - Indeks dollar AS masih tertekan di kisaran 97. Data CPI (Indeks Harga Konsumen) AS y/y bulan Maret dirilis turun 0,1%. Hasil ini tidak mendukung penguatan nilai tukar dollar.

Pagi ini, pasar keuangan mendapatkan market mover dari kebijakan moneter Bank Sentral China (PBoC) yang di luar dugaan memangkas Giro Wajib Minimum (GWM) sebesar 100 basis poin menjadi 18,50%. Pemangkasan GWM ini akan menyediakan likuiditas bagi perbankan China sebesar 1 triliun yuan untuk dipinjamkan ke bisnis. Kebijakan ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi China yang turun ke 7% pada kuartal pertama.

Langkah PBoC ini memberikan sentimen positif ke indeks saham Asia pagi ini dan instrumen yang berhubungan dengan pertumbuhan ekonomi China seperti nilai tukar dollar A
ustralia, dollar New Zealand, dollar Kanada, dan harga komoditi, termasuk harga emas dan minyak mentah.

Hari ini tidak banyak market mover penting di pasar keuangan. Dinihari tadi Selandia Baru telah merilis data CPI kuartal pertama yang turun 0,3% dibandingkan kuartal sebelumnya. Hasil ini sempat memberikan tekanan pada nilai tukar dollar Selandia Baru.

Malam ini dijadwalkan dua gubernur bank sentral untuk berpidato di acara yang berbeda yaitu Gubernur Bank Sentral Kanada dan Gubernur Bank Sentral Australia. Pasar akan mencari indikasi kebijakan moneter berikutnya dari kedua bank sentral ini.

Dari bursa saham Amerika Serikat, laporan penghasilan dari Halliburton Co. dan Morgan Stanley akan dirilis sebelum bursa dibuka. Sementara IBM akan merilis laporannya setelah pasar saham AS ditutup.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:
http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)


(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search