Market Movers: Pengumuman Kebijakan RBA Berpotensi Tingkatkan Volatilitas AUDUSD

Market Movers: Pengumuman Kebijakan RBA Berpotensi Tingkatkan Volatilitas AUDUSD

Selasa, 02 Oktober 2018 09:26:06 WIB
Dollar AS masih menunjukkan kekuatan pada perdagangan Senin kemarin meski data menunjukkan pelambatan aktivitas manufaktur di AS. Dampaknya beberapa mata uang utama melemah, dan harga emas turun.

Pengumuman kebijakan moneter Bank Sentral Australia (RBA) pukul 11:30 WIB berpotensi meningkatkan volatilitas AUDUSD yang berakhir mendatar pada Senin kemarin. Selain itu pidato pimpinan The Fed, Jerome Powell mengenai pasar tenaga kerja dan inflasi AS pukul 23:45 WIB juga berpotensi meningkatkan volatilitas pasar secara keseluruhan.

Potensi Pergerakan

Emas
Harga emas berpeluang turun ke area 1178 selama tertahan di bawah resisten terdekat di kisaran 1194 dan jika Powell menyatakan pasar tenaga kerja AS kuat dan inflasi akan meningkat.

Minyak Mentah
Harga minyak mentah menguat 2,6% pada perdagangan Senin kemarin hingga mencapai level tertinggi sejak November 2014. Kenaikan tajam tersebut dapat memicu aksi profit taking jika minyak tertahan di resisten terdekat di kisaran 75.80 - 76.00, dengan target ke 74.50. Sebaliknya jika level 76.00 ditembus, minyak berpotensi naik ke area 77.00.

EURUSD
Hingga Senin kemarin EURUSD membukukan penurunan empat hari beruntun akibat pertentangan Italia dengan Komisi Eropa mengenai defisit anggaran. Jika support 1.1540 ditembus, EURUSD berpotensi turun ke area 1.1510.

GBPUSD
Rilis data aktivitas manufaktur Inggris yang lebih tinggi dari perkiraan Senin kemarin sempat membawa GBPUSD naik ke level 1.3108. Jika data aktivitas konstruksi pukul 15:30 WIB juga dirilis lebih tinggi dari perkiraan, GBPUSD berpotensi menguat ke area 1.3110. Level psikologis 1.3000 masih menjadi support terdekat.

USDJPY
Berada di dekat level 114.00, USDJPY berpeluang naik ke area 114.40 jika mampu menembus konsisten di atas level 114.00. Sebaliknya selama tertahan di bawah level 114.00, USDJPY berpotensi terkoreksi ke area 113.45 akibat aksi profit taking.

AUDUSD
Pasangan mata uang ini berpotensi melemah ke area 0.7170 jika RBA menunjukkan kekhawatiran perang dagang AS - China akan berdampak negatif terhadap perekonomian Australia. Sementara jika tidak menunjukkan kekhawatiran tersebut dan menunjukkan sikap optimis, AUDUSD berpotensi naik ke area 0.7275.

Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar
(Putu Agus)
(pap/Monex)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search