MARKET MOVERS: Penyebaran CoronaVirus Picu Aksi Beli Pada Aset Safe Haven

MARKET MOVERS: Penyebaran CoronaVirus Picu Aksi Beli Pada Aset Safe Haven

Kamis, 23 Januari 2020 08:56:23 WIB

Aset-aset safe haven seperti emas dan yen Jepang menguat di awal sesi Kamis (23/1), oleh kekhawatiran pasar terhadap penyebaran virus baru, CoronaVirus. Virus dengan indikasi yang mirip dengan SARS dan menyebar di Tiongkok ini, telah memakan beberapa korban jiwa, dan ratusan penderita yang telah terjangkit. Beberapa negara telah mulai membatasi kedatangan pengunjung dari Tiongkok. Bila masalah CoronaVirus berlanjut dikhawatirkan dapat mengurangi kemampuan Tiongkok dalam memenuhi kesepakatan dagang tahap pertama AS - Tiongkok yang dijadwalkan akan mulai berlaku pada 14 Febuari 2020 mendatang.

Pasar juga memandang kemungkina pelaksanaan kesepakatan dagang AS - Tiongkok akan makin meningkatkan persaingan teknologi antara AS - Zona Euro untuk pangsa pasar di Tiongkok, sempat kembali menekan dolar AS melemah semalam.

Laporan minyak mentah AS versi API menunjukan penngaktan sebesar 1,6 juta barel pekan lalu, dari pekan sebelumnya meningkat 1,1 juta barel. Mendorong turun harga minyak yang sudah dibayangi kekhawatiran masih rendahnya permintaan di tahun 2020 ini. Fokus pasar pada data cadangan minyak mentah EIA malam nanti.

Video Market Movers Pekan Ke-4 Januari 2020




Potensi Pergerakan

EMAS
Harga emas berpeluang naik menguji resisten $1563 - $1568 untuk jangka pendek bila minat pada set aman masih berlanjut. Level Support pada kisaran $1554.

MINYAK
Bila kekhawatiran peningkatan cadangan minyak mentah berlanjut, harga minyak mungkin turun menguji support $55.35 untuk jangka pendek. Level Resisten pada kisaran $56.50 - $57.00.

EURUSD
Bila pelemahan dolar berlanjut dan kekhatiran meningkatnya persaingan teknologi AS - Zona Euro berlanjut, EURUSD berpotensi naik menguji 1.1110 - 1.1120 untuk jangka pendek. Leel Support pada level $1.1070.

GBPUSD
Bila Optimisme Brexit berlanjut dan dolar AS kembali melemah, GBPUSD berpptensi naik menguji resisten 1.3175 untuk jangka pendek. Level support pada kisaran 1.3100 - 1.3020.

USDJPY
USDJPY berpotensi turun menguji support 109.50 untuk jangka pendek bila optimisme pelonggaran pemerintah Jepang berlanjut. Level resisten pada kisaran 109.80 - 110.00.

AUDUSD
Bila optimisme dari data tenaga kerja Australia yang lebih baik dari ekspektasi berlanjut, AUDUSD berpotensi naik menguji resisten 0.6890 untuk jangka pendek. Level support pada kisaran 0.6830 -0.6850.

Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar.


(Andian)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search