Market Movers: Pergerakan Harga Emas Diuji Sentimen Positif Dollar

Market Movers: Pergerakan Harga Emas Diuji Sentimen Positif Dollar

Senin, 05 November 2018 08:36:32 WIB

Pada perdagangan Jumat, dollar kembali mendapat sentimen positif dari rilis data tenaga kerja AS. Pertumbuhan tenaga kerja AS membukukan rekor terbaru selama 9 1/2 tahun. Pasar berekspektasi bahwa rilis data tersebut akan menjadi acuan bahwa The Fed hampir bisa dipastikan akan menaikkan suku bunganya pada Desember mendatang.

Selain itu permintaan terhadap aset safe haven berpotensi berkurang pasca Presiden Trump memberikan komentar positif terhadap percakapannya dengan Presiden Xi Jinping. Berita ini menjadi sentimen positif karena pasar berekspektasi ketegangan hubungan dagang antara AS-China berpeluang mereda.

Untuk selanjutnya, kekuatan dollar kembali diuji oleh rilis data indeks non-manufaktur versi PMI pukul 22.00 WIB.

Potensi Pergerakan

Emas
Selama harga emas bergerak di bawah resisten terdekat 1237, potensi pelemahan lebih lanjut mengincar area 1224. Jika data non-manufaktur AS ternyata dirilis lebih rendah dari ekspektasi, maka perlu menembus 1237 sebelum mengincar 1244.

Minyak Mentah
Bloomberg yang melaporkan bahwa Washington telah menyetujui untuk 8 negara yang akan tetap mengimpor minyak dari Iran bisa menjadi sentimen positif di tengah kekhawtiran oversupply. Selain itu, sentimen positif dari ekspektasi meredanya ketegangan hubungan dagang AS-China juga berpeluang menopang harga minyak. Penguatan tersebut perlu menembus 63.70 sebelum mengincar 64.70. Jika gagal, maka pelemahan lebih lanjut mengincar 61.75 jika mampu menembus 62.30.

EURUSD
Di tengah minim rilis data penting dari zona euro, momentum penguatan dollar berpotensi kembali menekan EURUSD mengincar area 1.1340 dengan resisten terdekat di 1.1425.

GBPUSD
Rilis data indeks jasa Inggris versi PMI akan berpotensi memicu pergerakan selanjutnya. Jika dirilis lebih tinggi dari ekspektasi, maka peluang penguatan selanjutnya menguji resisten terdekat di 1.3030 sebelum mengincar 1.3060 di tengah sentimen positif dari Brexit. Potensi arah berbalik ke support di area 1.2920 jika ternyata sentimen penguatan dollar lebih mendominasi pergerakan pasar.

USDJPY
Potensi pulihnya risk appetite investor pasca ekspektasi positif dari meredanya ketegangan hubungan dagang AS-China berpeluang membawa USDJPY naik lebih lanjut. Terlebih pidato Gubernur BoJ Kuroda pukul 8.00 WIB tadi tetap mengisyaratkan bahwa BoJ belum akan mengubah kebijakan moneternya. Mampu menembus resisten 113.40, penguatan selanjutnya mengincar 113.60. Support terdekat di area 112.85.

AUDUSD
Ekspektasi positif yang terjadi di antara AS-China tampaknya akan lebih berdampak pada penguatan dollar AS ditambah dengan prospek kenaikan suku bunga The Fed. Potensi pelemahan AUDUSD lebih lanjut mengincar area 0.7150. Resisten terdekat di level 0.7230.


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar


(Dini Nurhadi Yasyi)


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search