Market Movers: Perhatian Beralih Pada NFP Besok

Market Movers: Perhatian Beralih Pada NFP Besok

Kamis, 01 Agustus 2013 10:24:39 WIB

Monexnews - Rapat kebijakan moneter bank sentral AS FOMC semalam memberikan volatilitas pada pergerakan harga di pasar keuangan. Dan seperti biasa, Fed tidak secara tegas menyebutkan kapan waktu pengurangan stimulus dilakukan. Fed masih akan membeli obligasi dan surat berharga berbasiskan kredit perumahan senilai $85 milyar per bulannya. Pada rapat kali ini, Fed mengungkapkan kekhawatirannya mengenai inflasi yang masih terlalu rendah. Fed juga mengatakan pertumbuhan ekonomi AS akan tumbuh lebih cepat dari yang sekarang terjadi.

Hari ini perhatian pelaku pasar beralih ke data tenaga kerja AS, Non-farm Payrolls (

NFP) dan tingkat pengangguran yang akan dirilis besok. Data tenaga kerja yang disurvei ADP semalam menunjukkan penambahan yang melebihi perkiraan dan ini kemungkinan juga akan terefleksi pada data NFP besok. Data GDP AS Q2 juga menunjukkan ekonomi AS masih dalam jalur pemulihan dengan hasil yang melebihi perkiraan 1,7% vs 1,1%. Indeks dollar AS mendapatkan dukungan dari data-data ini.

Data PMI

manufaktur China yang dirilis lebih bagus dari prediksi dan masih di jalur ekspansi membuat indeks saham regional seperti Nikkei, Hang Seng dan Kospi mendapatkan dorongan naik. Dollar Australia juga mendapatkan dukungan meski tren besar masih turun akibat pernyataan gubernur bank sentral Australia yang membuka kemungkinan pemangkasan suku bunga lanjutan.

Hari ini akan dirilis beberapa data aktivitas manufaktur dari Spanyol, Italia, Inggris dan AS. Bagusnya masing-masing data manufaktur bisa mendukung penguatan mata uang negara tersebut. Sementara dua bank sentral berpengaruh di dunia yaitu Inggris dan Eropa akan merilis hasil keputusan rapat moneternya dan pasar berekspektasi kedua bank sentral ini tidak akan mengubah keputusannya pada rapat sebelumnya. Keduanya diyakini masih mendukung pelonggaran moneter yang memang dibutuhkan oleh negara-negara tersebut.

(Ariston Tjendra)


(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search