Market Movers: Perhatian Tertuju Pada Data Penjualan Ritel AS

Market Movers: Perhatian Tertuju Pada Data Penjualan Ritel AS

Senin, 15 Juli 2013 09:40:02 WIB

Monexnews - Pagi ini data GDP China untuk kuartal ke-2 sesuai dengan perkiraan pasar sebesar 7,5% memberikan sentimen positif bagi pasar terutama bursa saham Asia dan dollar Australia. Namun data ini masih di bawah pertumbuhan GDP China untuk kuartal pertama yang sebesar 7,7%.

Meski GDP China kuartal ke-2 in isesuai dengan ekspektasi pasar, China masih dibayangi oleh pelambatan ekonomi. Data produksi industri untuk bulan Juni tercatat mengalami kenaikan 8,9% namun di bawah perkiraan pasar dan data bulan Mei yakni sebesar 9,1% dan 9,2%. Oleh karena itu, data GDP China yang sesuai ekspektasi ini harus ditanggapi hati-hati oleh Pasar mengingat banyak faktor yang masih memperlihatkan potensi pelambatan di China.

Malam ini dari AS, kita akan melihat lebih jauh mengenai kesehatan ekonominya. Data

penjualan ritel dan data indeks manufaktur New York akan menjadi fokus pasar. Seperti yang kita ketahui, ekonomi AS amat bergantung pada aktivitas ekonomi domestiknya, sebesar 70%. Data penjualan ritel ini bisa menggambarkan kesehatan ekonomi AS. Perkiraan pasar malam ini, penjualan ritel AS m/m akan tumbuh 0,7%, lebih baik dari bulan sebelumnya 0,6%.

Sementara survei aktivitas manufaktur di New York diperkirakan menjadi 5,2, lebih rendah dari indeks bulan sebelumnya 7,8. Industri manufaktur merupakan salah satu industri yang menyerap banyak tenaga kerja AS. Bila manufaktur bagus maka kondisi tenaga kerja AS kemungkinan akan bagus juga.

Bagusnya kesehatan ekonomi AS masih akan dikaitkan dengan potensi pengurangan stimulus moneter AS dalam waktu dekat sehingga membaiknya data ekonomi AS bisa menguatkan dollar. Akan tetapi, membaiknya data ekonomi AS bisa juga mendorong kenaikan indeks-indeks saham AS.

(Ariston Tjendra)


(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search