Market Movers: Perlambatan Ekonomi Zona Euro Akan Dibuktikan Rilis Data Perancis dan Jerman

Market Movers: Perlambatan Ekonomi Zona Euro Akan Dibuktikan Rilis Data Perancis dan Jerman

Jum'at, 22 Maret 2019 09:06:38 WIB

Setelah selama sepekan minim katalis penggerak dari Zona Euro, di akhir perdagangan pekan ini, rilis data sektor jasa dan aktivitas manufaktur Perancis, Jerman, dan diakhiri oleh data untuk Zona Euro secara keseluruhan akan menjadi penggerak EURUSD. Pasar masih melihat bahwa masih terjadi perlambatan ekonomi di Zona Euro.

Jika rilis data-data tersebut kembali menunjukan adanya perlambatan ekonomi, EURUSD berpotensi kembali tertekan. Terlebih saat ini dollar berpotensi rebound pasca sikap dovish The Fed.

Market Movers hari ini



Potensi Pergerakan

Emas
Rebound dollar tampaknya berpotensi masih terjadi hari ini karena ekspektasi berakhirnya normalisasi kebijakan moneter The Fed seiring dengan optimisme perekonomian di AS. Hal ini berpotensi menekan emas pada hari ini. Selama konsisten bergerak di bawah 1311, potensi pelemahan harga emas menguji support terdekat di 1306 sebelum mengincar 1300. Resisten di level 1319.

Minyak Mentah
Potensi penguatan harga minyak perlu konsisten bergerak di atas level tertinggi kemarin di 60.30, sebelum 61.20. Jika belum mampu tembus 60.30, potensi turun mengincar 58.85. Outlook produksi minyak global masih akan menjadi fokus.

EURUSD
Sentimen pergerakan EURUSD bisa bergantung pada rilis data ekonomi Perancis, Jerman, dan Zona Euro. Jika dirilis lebih buruk dari estimasi, potensi EURUSD tertekan mengincar 1.1320. Sebaliknya, peluang menguat ke area resisten di level 1.1415.

GBPUSD
Komisi Eropa akhirnya mengizinkan penundaan Brexit hanya sampai 22 Mei lebih cepat dari permintaan Perdana Menteri Theresa May yang mengajukan 30 Juni. Namun penundaan ini tetap bergantung pada keputusan Parlemen Inggris. Hal ini akan menjadi fokus pasar di tengah potensi rebound dollar yang berpotensi menekan GBPUSD. Potensi turun mengincar 1.3060 jika tembus 1.3100. Resisten di 1.3185.

USDJPY
Selama bergerak di bawah resisten 111.00, USDJPY tampaknya masih dalam kecenderungan turun mengincar 110.35. Rebound dollar tampaknya cenderung mendominasi sentimen pergerakan pasar.

AUDUSD
AUDUSD mendapat sentimen negatif dari kembali meningkatnya tensi dagang pasca pihak AS mencurigai bahwa China bisa saja mengingkari perjanjian dagang. Potensi pelemahan AUDUSD mengincar 0.7070. Resisten terdekat di 0.7130.


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar

(Dini Nurhadi Yasyi)


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search