Market Movers: Pidato ECB Draghi dan Antisipasi Brexit Berpotensi Menggerakan Pasar

Market Movers: Pidato ECB Draghi dan Antisipasi Brexit Berpotensi Menggerakan Pasar

Rabu, 05 Desember 2018 08:53:13 WIB

Seharusnya hari ini akan rilis beberapa data penting dari AS seperti data ADP non-farm payroll, indeks data non-manufaktur, dan laporan persediaan minyak AS dari EIA. Namun, perubahan jadwal terjadi karena tutupnya market AS karena hari berkabung untuk menghormati kematian Mantan Presiden AS George H.W. Bush. Data-data tersebut akam dirilis besok.

Hari ini, setelah rilis data GDP Australia yang mengecewakan, fokus pasar akan tertuju pada pidato ECB Draghi pukul 15.30 WIB dan rilis data indeks sektor jasa Inggris pukul 16.30 WIB. Disamping itu, antisipasi dan sentimen pasar terhadap outlook Brexit juga berpotensi menggerakkan harga setelah membuat GBPUSD selama dua hari terakhir bergerak sangat volatil dalam rentang 180 pip.



Potensi Pergerakan

Emas
Pergerakan harga emas terlihat masih konsolidasi di area resisten 1236 - 1238. Meski begitu, sentimen safe haven berpeluang menopang harga emas di tengah kekhawatiran pasar terhadap outlook melambatnya kondisi perekonomian global, belum jelasnya hubungan dagang AS-China pasca pertemuan kedua presiden pada G20, dan outlook ditolaknya proposal Brexit. Jika mampu konsisten bergerak di atas 1238, penguatan harga emas akan mengincar 1242. Support di 1230.

Minyak Mentah
Sambil menanti keputusan OPEC dalam pertemuannya besok yang berencana akan memangkas angka produksinya, pada hari ini harga minyak mentah berpotensi masih menguat selama harga tidak menembus ke bawah 52.20. Resisten terdekat di 53.30 dan jika tembus, incaran resisten selanjutnya di 54.00. Support di 51.50.

EURUSD
Adanya indikasi bahwa Brexit bisa saja dibatalkan secara sepihak seperti yang diungkapkan salah satu European Officer, berpotensi memberikan pengaruh juga pada Uni Eropa dan menjadi sentimen penggerak EURUSD. Potensi pelemahan terdekat akan menguji level psikologis 1.1300 dengan resisten terdekat di 1.1360.

GBPUSD
Jika sentimen dari ditolaknya proposal Brexit pada voting Parlemen Inggris 11 Desember nanti kembali menjadi katalis negatif, maka potensi pelemahan GBPUSD akan mengincar 1.2640. Resisten di 1.2770.

USDJPY
Jika permintaan safe haven yen meningkat karena beberapa kondisi yang sama seperti meningkatnya permintaan safe haven emas, potensi penurunan USDJPY mengincar 112.40. Resisten di 113.30.

AUDUSD
Rilis data GDP Australia yang dirilis lebih buruk (Aktual 0,3% dari estimasi 0,6%) sudah membuat AUDUSD melemah hingga menyentuh level psikologis 0.7300. Jika sentimen negatif ini berlanjut, potensi pelemahan selanjutnya mengincar 0.7275. Resisten terdekat di 0.7350.


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar


(Dini Nurhadi Yasyi)


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search