Market Movers: RBA Diekspektasikan Akan Pangkas Tingkat Suku Bunga

Market Movers: RBA Diekspektasikan Akan Pangkas Tingkat Suku Bunga

Selasa, 04 Juni 2019 08:30:48 WIB

Hari ini pasar akan berfokus pada pengumuman kebijakan Reserve Bank of Australia (RBA) pukul 11.30 WIB nanti. Pasalnya hari ini bank sentral Australia itu diekspektasikan akan memangkas tingkat suku bunganya sebanyak 25 basis poin. Yang tadinya 1.50% menjadi 1.25%. Jika benar, maka AUDUSD berpeluang besar untuk melemah.

Gubernur RBA Lowe juga dijadwalkan akan memberikan pidatonya pukul 16.30 WIB. Ini juga akan menjadi fokus karena pasar akan melihat pertimbangan apa saja yang dilakukan oleh bank sentral dalam menentukan tingkat suku bunganya kali ini.

Dari Zona Euro akan dirilis data laju inflasi pukul 16.00 WIB. Pimpinan The Fed Jerome Powell juga dijadwalkan akan berpidato pukul 20.55 WIB nanti. Ini juga patut diperhatikan karena Presiden The Fed St. Louis, James Bullard, mengatakan bahwa ada kemungkinan The Fed juga akan pangkas tingkat suku bunganya.

Market Movers hari ini



Emas
Ekspektasi pemangkasan tingkat suku bunga memang berpotensi membawa harga emas terus naik mengincar resisten 1332 jika mampu menembus 1329. Namun melihat penguatan tajam yang sudah berlangsung selama tiga hari berturut-turt, aksi profit taking juga bisa terjadi. Selama belum mampu menembus 1329, potensi harga terkoreksi dengan support terdekat di 1321.

Minyak Mentah
Meski Arab Saudi mengatakan bahwa OPEC+ akan tetap membatasi produksi, tampaknya kekhawatiran perlambatan ekonomi global karena memanasnya hubungan dagang AS dengan mitranya masih menjadi sentimen pelemahan harga minyak. Potensi pelemahan hari ini akan menguji level 52.25. Jika mampu tembus potensi lanjut turun mengincar 51.45. Resisten terdekat di level 54.20.

EURUSD
Rilis data inflasi Zona Euro akan menjadi perhatian. Diekspektasikan laju inflasi masih melambat, jika benar, EURUSD berpotensi kembali mendapat sentimen negatif dari outlook perlambatan ekonomi di Zona Euro. Potensi pelemahan terdekat ke support 1.1220. Tembus level tersebut, support selanjutnya terlihat di 1.1220. Sebaliknya, jika ternyata dollar masih melemah karena ekspektasi pemangkasan suku bunga dari The Fed, peluang penguatan EURUSD di resisten terdekat 1.1275.

GBPUSD
Belum ada katalis penggerak lain dari Inggris pada hari ini. Jadi sentimen pada dollar tampaknya kembali mendominasi katalis penggerak untuk GBPUSD. Jika dollar masih terlihat melemah, potensi penguatan akan menguji resisten terdekat di 1.2690-1.2700. Tembus level tersebut, peluang penguatan selanjutnya ke 1.2720. Support terdekat di 1.2625.

USDJPY
Sentimen safe haven membuat yen lanjutnya penguatannya terhadap dollar hingga awal perdagangan hari ini. Namun melihat penurunan USDJPY yang sangat tajam pada sesi perdagangan sebelumnya berpotensi memicu aksi short covering. Selama harga tidak menembus ke bawah 107.70, USDJPY berpotensi naik dengan resisten terdekat di 108.35. Sebaliknya, jika tembus 107.70, potensi turun selanjutnya mengincar 107.50.

AUDUSD
Jika benar RBA memangkas suku bunganya hari ini, potensi pelemahan AUDUSD akan menguji support terdekat di 0.6935. Tembus level tersebut potensi pelemahan selanjutnya mengincar 0.6920. Resisten di level psikologis 0.7000.


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar

(Dini Nurhadi Yasyi)


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search