Market Movers: Rilis NFP Versi ADP, Indeks Manufaktur AS, dan Kebijakan The Fed

Market Movers: Rilis NFP Versi ADP, Indeks Manufaktur AS, dan Kebijakan The Fed

Rabu, 01 Mei 2019 09:11:59 WIB

Fokus utama pasar pada hari ini akan tertuju pada pengumuman kebijakan moneter The Fed pukul 1.00 WIB dini hari nanti. Sebelum itu akan riis data Non-Farm Payroll versi ADP pukul 19.15 WIB serta rilis data indeks aktivitas manufaktur AS pukul 21.00 WIB. Dua data ini dapat menjadi perhatian, pasalnya ini akan memberikan outlook kebijakan moneter The Fed selanjutnya.

Sebelumnya, The Fed pernah menyiratkan akan adanya kemungkinan kenaikan suku bunga The Fed di akhir tahun ini jika kondisi perekonomian AS terus berkembang hingga mencapai batas target yang diinginkan. Meskipun probabilitas terjadinya hal ini masih sangat kecil dan hari ini The Fed diperkirakan masih akan tetap mempertahankan tingkat suku bunga di 2.50%.

Market Movers hari ini



Potensi Pergerakan

Emas
Jika hari ini The Fed cenderung bersikap dovish, maka harga emas berpeluang menguat dan perlu konsistensi bergerak di atas 1288 untuk peluang lanjut menguat ke area 1293. Sebaliknya, jika The Fed ternyata memberikan outlook kenaikan suku bunga, potensi turun harga emas jika mampu menembus 1278 akan mengincar 1274.

Minyak Mentah
Rilis data persediaan minyak mentah AS dari EIA pukul 21.30 WIB tampaknya masih akan menjadi perhatian. Sebelumnya, harga minyak sempat mendapat sentimen dari komentar Presiden AS Donald Trump yang menginginkan OPEC untuk tingkatkan produksi karena harga sudah terlalu mahal. Jika data masih menunjukan adanya peningkatan persediaan, harga minyak berpotensi turun menguji 62.75 sebelum mengincar mengincar 62.30. Resisten terdekat di 64.50.

EURUSD
EURUSD mendapat katalis positif dari data GDP Zona Euro yang secara mengejutkan yang dirilis lebih baik dari ekspektasi, hal ini membuat pasangan mata uang ini membentuk level tertinggi sepekan. Jika The Fed hari ini bersikap dovish dan memberi sentimen negatif untuk dollar, EURUSD berpeluang lanjut menguat jika mampu konsiste bergerak di atas 1.1240 untuk mengincar area 1.1275. Support di 1.1165.

GBPUSD
GBPUSD juga mendapat katalis positif dari pertemuan lintas partai di Inggris mengenai Brexit. Namun setelah penguatan tajam yang terjadi kemarin, peluang penguatan hari ini berpotensi agak terbatas. Hasil FOMC dan rilis data aktivitas manufaktur Inggris pukul 15.30 WIB akan menjadi penggerak selanjutnya. Perlu konsisten bergerak di atas 1.3060, untuk peluang lanjut menguat mengincar area 1.3095. Support di level 1.2980.

USDJPY
USDJPY masih dalam kecenderungan untuk turun untuk menguji resisten terdekat di 111.15 sebelum mengincar 110.95. Resisten terdekat di 1110.70. Sentimen penggerak dollar dari hasil FOMC akan menjadi penggerak USDJPY.

AUDUSD
Peluang penguatan AUDUSD perlu tembus konsisten di atas 0.7070 sebelum mengincar area 0.7090. Jika gagal, maka support terdekat di level 0.7020.


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar

(Dini Nurhadi Yasyi)


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search