Market Movers: Rilis Data PDB AS Akan Uji Ketahanan Kekuatan Dollar

Market Movers: Rilis Data PDB AS Akan Uji Ketahanan Kekuatan Dollar

Jum'at, 27 Juli 2018 08:35:43 WIB
Hari ini pasar akan kembali fokus pada peluang penguatan dollar menjelang rilis data pertumbuhan ekonomi atau angka PDB kuartalan AS nanti malam. Estimasi dari para ahli menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi AS diperkirakan berada di angka 4,2%. Jika benar atau bahkan dirilis lebih tinggi, maka AS akan mencapai rekor angka PDB tertinggi sejak tahun 2010.

Dampaknya, dollar masih akan berpeluang untuk terus menguat mengingat The Fed yang secara agresif akan menaikkan suku bunganya seiring dengan proyek perkonomian AS yang berada di zona hijau. Ketahanan kekuatan dollar kini menguji level tertinggi selama setahun dan punya peluang untuk menembus level yang lebih tinggi.

Potensi Pergerakan

Emas

Harga emas berpotensi melemah jika dollar menguat karena rilis data PDB AS yang lebih tinggi dari estimasi atau bahkan sesuai estimasi. Pelemahan harga emas lebih dalam berpotensi menguji level terendah pekan ini di level 1227. Resisten terdekat di level 1228.

Minyak Mentah

Laporan yang mengatakan bahwa Arab Saudi sudah mulai membatasi ekspornya dengan cara menahan pengiriman oil melalui Laut Merah, tampaknya dapat menjadi sentimen penggerak harga minyak hari ini. Peluang penguatan berpeluang mengincar 70.30 jika mampu menembus 69.90. Support berada di level 69.85.

EURUSD

Pergerakan EURUSD berpeluang semakin tertekan setelah semalam kebijakan European Central Bank (ECB) yang masih dinilai dovish dengan akan mempertahankan suku bunga rendah hingga 2019. Semakin tertekan jika dollar kembali mendapat momentum penguatan dari rilis data PDB. Pelemahan lebih dalam mengincar support 1.1585 dengan resisten di level 1.1695.

GBPUSD

Pergerakan GBPUSD hari ini masih akan bergantung pada kekuatan dollar di tengah belum adanya katalis dari rilis data ekonomi Inggris. Peluang pelemahan GBPUSD karena potensi penguatan dollar menguji support 1.3045 dengan resisten terdekat di 1.3145.

USDJPY

Di tengah penantian investor terhadap kepastian kebijakan moneter Bank of Japan (BoJ) yang akan melakukan upaya meningkatkan laju kenaikan inflasi, pergerakan USDJPY hari ini berpotensi masih dipicu oleh peluang penguatan dollar pada data PDB nanti. Kenaikan USDJPY selanjutnya menguji resisten terdekat di 111.50 dan support di level 110.65.

AUDUSD

AUDUSD memperlihatkan pergerakan harga dengan volatilitas tinggi selama dua pekan di tengah sentimen naik turunnya harga komoditas Australia dan penguatan dollar AS. Jika hari ini penguatan dollar AS masih mendominasi pergerakan pasar, maka pelemahan AUDUSD lebih lanjut menguji support terdekat di 0.7350 dengan resisten terdekat di 0.7400.

Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Calendar.

(Dini Yasyi)

(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search