Market Movers: Sentimen Positif dari China, Sentimen Negatif dari Yunani

Market Movers: Sentimen Positif dari China, Sentimen Negatif dari Yunani

Senin, 08 Juni 2015 11:34:50 WIB

Monexnews - Pagi ini indeks dollar AS masih bertahan menguat di atas kisaran 96.00 berkat data Non-farm Payrolls AS yang dirilis lebih bagus dari prediksi, 280 ribu vs 222 ribu. Data tenaga kerja Amerika Serikat yang bagus ini mendukung proyeksi kenaikan suku bunga acuan AS tahun ini.

Dukungan terhadap kenaikan suku bunga acuan AS ini telah memberikan sentimen negatif ke indeks saham AS pada Jumat malam kemarin dan sebagian indeks saham Asia pagi ini. Nikkei dan Kospi sempat tertekan di pembukaan sebelum menguat kembali. Data Neraca Perdagangan China bulan Mei, yang dirilis pagi ini, yang surplus melebihi prediksi memberikan sentimen positif ke indeks saham Asia. Revisi positif GDP kuartal pertama Jepang dari 0,6% menjadi 1% juga seharusnya bisa memberikan sentimen positif ke indeks saham Nikkei Jepang.

Siang ini data Produksi Industri Jerman bulan April bisa menjadi market mover untuk
euro. Data diprediksi akan tumbuh 0,6% dibandingkan bulan sebelumnya. Tren positif dari data manufaktur Jerman bisa mendorong kembali penguatan euro dan indeks saham Eropa.

Selain itu, hasil pertemuan G7 yang mungkin akan dirilis malam ini juga bisa menjadi market mover bagi pasar keuangan terutama yang berkaitan dengan isu bailout Yunani. Seperti yang kita ketahui, Yunani hingga sampai saat ini belum mendapatkan dana bailout yang dibutuhkan untuk membayar hutang-hutangnya. Bulan Juni ini ada beberapa dateline pembayaran hutang ke IMF yang mungkin tidak bisa terealisasi. Hal ini telah menjadi kekhawatiran dan memberikan sentimen negatif ke pasar.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:
http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)


(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search