Market Movers: Setelah Data Tenaga Kerja Australia, Outlook Kebijakan The Fed Masih Jadi Fokus

Market Movers: Setelah Data Tenaga Kerja Australia, Outlook Kebijakan The Fed Masih Jadi Fokus

Kamis, 13 Juni 2019 09:00:14 WIB

Meski tenaga kerja Australia bertambah di atas ekspektasi, namun tampaknya meningkatnya tingkat pengangguran Australia yang menjadi 5.2% menjadi beban bagi AUDUSD di awal perdagangan hari ini ke level 0.6913.

Selanjutnya tidak banyak rilis data ekonomi penting pada hari ini, namun kuatnya ekspektasi pasar akan pemangkasan tingkat suku bunga The Fed berpotensi masih menjadi sentimen penggerak pasar pada hari ini. Semalam rilis data inflasi AS yang menunjukan adanya perlambatan turut menguatkan ekspektasi ini.

Selain itu, eskalasi perang dagang yang dilakukan oleh Presiden AS Donald Trump juga masih akan menjadi perhatian. Sebelumnya, Trump mengancam akan memberlakukan kenaikan tarif impor barang dari China jika pada pertemuan G20 nanti, keduanya belum ada tanda kesepakatan. Trump berencana ingin bertemu dengan Xi Jinping di pertemuan G20 pada tanggal 28 - 29 Juni mendatang.

Market Movers hari ini



Potensi Pergerakan

Emas
Peluang penguatan harga emas masih perlu konsisten bergerak di atas 1335 sebelum menguji level 1330. Rilis data inflasi AS yang memperlihatkan adanya perlambatan berpotensi jadi penopang harga emas karena masih kuatnya ekspektasi pemangkasan tingkat suku bunga The Fed. Support di level 1326.

Minyak Mentah API dan EIA yang sama-sama melaporkan masih adanya lonjakan persediaan minyak di AS berpotensi menjadi katalis pelemahan harga minyak pada hari ini. Eskalasi perang dagang yang ditakuti para pelaku pasar turut menambah tekanan pada harga minyak. Potensi pelemahan harga minyak perlu konsisten bergerak di bawah 50.70 sebelum harga mengincar level 49.70. Jika gagal, harga minyak cenderung terkoreksi dengan resisten terdekat di level 52.50.

EURUSD
Pernyataan Presiden ECB Mario Draghi sempat menekan EURUSD karena membahas dampak perang dagang yang dapat mengancam perekonomian Zona Euro. Belum lagi adanya outlook bahwa eskalasi perang dagang dari Presiden Trump akan melebar ke Eropa. Meski begitu, EURUSD masih berpotensi untuk menguat terbatas ke 1.1325 jika hari ini dollar kembali mendapat sentimen negatif dari ekspektasi pemangkasan tingkat suku bunga The Fed. Support terdekat di level 1.1260.

GBPUSD
Di tengah masih menantinya para pelaku pasar akan kepastian outlook Brexit di tangan Perdana Menteri yang baru, GBPUSD berpeluang menguat meski terbatas jika mampu memanfaatnya sentimen negatif dari dollar. Peluang penguatan mengincar ke resisten 1.2735 dengan support terdekat di 1.2650.

USDJPY
USDJPY tampaknya akan bergerak sideways dengan kecenderungan untuk naik di tengah pasar yang mulai berhati-hati akan kekhawatiran kondisi global. Meski ada ekspektasi pemangkasan tingkat suku bunga yang dapat menopang risk appetite pasar, namun eskalasi perang dagang masih berpotensi meningkatkan permintaan terhadap safe haven yen. Support USDJPY di 108.00 dengan resistne terdekat di 108.65.

AUDUSD
Setelah mendapat sentimen negatif dari meningkatnya angka pengangguran di Australia, pelemahan AUDUSD berpotensi terbatas selama harga tidak menembus ke bawa 0.6900. Perlu menembus konsisten level tersebut untuk lanjut melemah mengiincar 0.6880. Resisten di level 0.6960.


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar

(Dini Nurhadi Yasyi)


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search