Market Movers: Setelah The Fed, Fokus Beralih ke Data Non-Farm Payroll AS

Market Movers: Setelah The Fed, Fokus Beralih ke Data Non-Farm Payroll AS

Jum'at, 01 Februari 2019 09:05:05 WIB

Sebelumnya, The Fed mengatakan bahwa potensi kenaikan suku bunga selanjutnya akan melihat kondisi fundamental AS. Hari ini, rilis data non-farm payroll (NFP) dan data tenaga kerja lainnya akan menjadi fokus pasar selanjutnya. Jika rilis data menunjukan pertumbuhan tenaga kerja AS terlihat melambat, dollar berpeluang besar kembali melemah dan semakin menguatkan harga emas.

Dari Inggris, dilaporkan bahwa Perdana Menteri Theresa May akan kembali ke Brussels untuk memberikan proposal. Padahal Uni Eropa mengatakan sudah menutup negosiasi. Selain itu, rilis data aktivitas manufaktur pukul 16.30 WIB berpotensi menjadi katalis penggerak tambahan.

Dari zona euro, estimasi pertumbuhan inflasi (CPI) akan dirilis pukul 17.00 WIB akan menjadi perhatian. Setelah kemarin, EURUSD sudah tertekan setelah data GDP zona euro di Q4 menunjukkan perlambatan.

Market Movers Hari Ini



Emas
Peluang penguatan harga emas perlu konsisten bergerak di atas 1324 sebelum mengincar area 1328. Terutama jika data NFP AS dirilis negatif. Sebaliknya, potensi pelemahan harga emas ke area support terdekat 1316. Tembus level tersebut support selanjutnya di area 1311.

Minyak Mentah
Pasar dikejutkan dengan pernyataan dari Energy Information Administration (EIA) yang mengatakan bahwa target produksi minyak AS selanjutnya akan mencapai 13 juta barel per hari di tahun 2020. Jika sentimen kekhawatiran oversupply kembali menjadi katalis negatif, harga minyak berpotensi turun menguji support 53.00 selama harga belum mampu menembus 54.14. Resisten terdekat di level 54.50.

EURUSD
Saat penulisan, EURUSD bergerak dan konsolidasi di area support 1.1435. Jika rilis data inflasi menjadi sentimen negatif, potensi pelemahan selanjutnya perlu tembus ke bawah 1.1415 sebelum mengincar 1.1380. Sebalinya, jika dollar mendapat sentimen negatif dari data NFP AS, peluang penguatan menguji resisten terdekat di level 1.1475.

GBPUSD
Jika persoalan Brexit dan data aktivitas manufaktur Inggris melambat, sentimen negatif berpotensi tekan GBPUSD ke level 1.3045. Sebaliknya, peluang penguatan jika sentimen negatif ke dollar mendominasi, mengincar resisten 1.3160 jika mampu konsisten bergerak di atas 1.3135.

USDJPY

Permintaan terhadap yen sebagai safe haven berpotensi masih menjadi katalis penggerak USDJPY di tengah masih banyaknya antisipasi terhadap isu-isu global seperti Brexit, hasil negosiasi dagang AS-China yang belum jelas, kekhawatiran perlambatan ekonomi di AS dan China, serta sikap dovish The Fed. Potensi turun akan menguji support terdekat di 108.60 sebelum mengincar 108.35. Resisten terdekat di level 109.10.

AUDUSD
Aktivitas manufaktur China versi Caixin menunjukan adanya perlambatan telah menjadi katalis negatif AUDUSD di awal perdagangan hari ini hingga menyentuh support 0.7245. Jika mampu konsisten bergerak di bawah level tersebut, potensi turun selanjutnya mengincar level 0.7220. Resisten terdekat di level 0.7275.

Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar.

(Dini Nurhadi Yasyi)


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search