Market Movers: Shutdown Berakhir, Pasar Beralih ke Outlook Kebijakan The Fed

Market Movers: Shutdown Berakhir, Pasar Beralih ke Outlook Kebijakan The Fed

Senin, 28 Januari 2019 08:52:11 WIB

Harga emas menyentuh level psikologis 1300 yang merupakan level tertinggi sejak 7 bulan lalu. Fokus para pelaku pasar kali ini tertuju pada kebijakan moneter dari hasil rapat The Fed pada Kamis dini hari nanti (31/01). Outlook kebijakan dovish dari The Fed serta prospek perekonomian AS menjadi sentimen pelemahan dollar. Padahal Presiden AS Donald Trump pada Sabtu lalu (26/01) resmi mengakhiri shutdown sebagian pemerintah yang sudah berjalan 34 hari lamanya.

Jika sentimen pelemahan dollar tersebut mendominasi sentimen penggerak pasar, mata uang utama lainnya berpeluang menguat dan harga emas berpeluang terus menjauhi ke atas level psikologis 1300.

Presiden European Central Bank (ECB) Mario Draghi pukul 21.00 WIB dijadwalkan memberikan testimoni mengenai outlook perekonomian zona euro di Brussels. Sedangkan Gubernur Bank of England (BoE) pukul 21.30 WIB dijadwalkan berpidato di acara BoE's Future Forum, London.

Market Movers Pekan Ini


Emas
Selama harga bergerak konsisten di atas 1300, peluang penguatan harga emas mengincar area 1308 jika mampu tembus dan bergerak konsisten di atas 1304. Support terdekat di area 1294.

Minyak Mentah
Krisis yang terjadi di Venezuela serta sanksi AS yang akan berdampak pada pemangkasan produksi untuk ekspor masih berpotensi menjadi penggerak harga minyak. Peluang penguatan harga minyak akan menguji resisten terdekat di 54.10 sebelum mengincar level 55.30. Support di 52.30.

EURUSD
Memanfaatkan sentimen pelemahan dollar, peluang penguatan EURUSD akan menguji 1.1445 sebelum mengincar 1.1475. Namun jika Presiden ECB Draghi menegaskan terkait perlambatan ekonomi zone euro, kemungkinan melemah berpotensi ke area support 1.1365.

GBPUSD
Partai terbesar Irlandia Utara yang mengatakan akan mendukung upaya Brexit yang dilakukan oleh Perdana Menteri Inggris Theresa May, berpeluang masih menjadi sentimen positif GBPUSD. Ditambah dengan sentimen negatif dollar. Selama bergerak di atas 1.3175, peluang penguatan GBPUSD menguji resisten terdekat 1.3235. Support di area level 1.3135.

USDJPY
Sentimen pelemahan dollar turut menekan USDJPY di awal perdagangan hari ini. Selama bergerak di bawah 109.40, potensi turun selanjutnya mengincar level 109.00. Resisten terdekat di level 109.60.

AUDUSD
AUDUSD lanjutkan penguatannya di awal perdagangan hari ini dan berpotensi masih konsolidasi di area level psikologis 0.7200. Peluang penguatan menguji resisten terdekat di level 0.7235 dengan support terdekat di level 0.7160.

Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar


(Dini Nurhadi Yasyi)


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search