Market Movers: Shutdown Pemerintah AS Buka Peluang Penguatan Emas

Market Movers: Shutdown Pemerintah AS Buka Peluang Penguatan Emas

Senin, 24 Desember 2018 09:08:14 WIB
Pemerintah AS mengalami shutdown atau tidak beroperasinya sebagian lembaga akibat tidak disepakatinya permintaan Presiden Donald Trump oleh Kongres AS untuk anggaran pembangunan tembok perbatasan dengan Meksiko.

Ditengah minimnya rilis data ekonomi jelang Libur Natal, shutdown tersebut berpotensi menjadi penggerak pasar. Dollar AS kemungkinan akan tertekan, dan harga emas berpeluang menguat.

Market Movers Pekan Ini



Potensi Pergerakan

Emas
Dibuka gap up di kisaran 1257.38, harga emas berpeluang melanjutkan penguatan, dengan target ke kisaran 1266 sampai 1270. Support terdekat berada di kisaran 1256.

Minyak Mentah
Berada di level terendah 17 bulan, harga minyak mentah berpeluang naik akibat aksi short covering. Target kenaikan ke area 46.80. Namun jika menembus ke bawah level 45.00, aksi jual berpeluang berlanjut dan berpotensi membawa harga turun ke 44.10.

EURUSD
Tekanan yang dialami dollar AS akibat shutdown pemerintah AS membuka peluang kenaikan EURUSD ke level 1.1430 selama tidak menembus support terdekat di kisaran 1.1350.

GBPUSD
Pasangan mata uang ini kemungkinan masih sideways di kisaran 1.2600 - 1.2700 dengan kecenderungan naik akibat tekanan dollar AS.

USDJPY
Dibuka gap down di kisaran 110.94, USDJPY berpeluang melanjutkan penurunan jika menembus support 110.75, dengan target ke area 110.30.

AUDUSD
Turun tajam dalam tiga pekan terakhir dan berada di level terendah dua bulan, AUDUSD berpeluang naik ke level 0.7090 akibat aksi short covering, di tengah faktor tekanan yang dialami dollar AS. Support terdekat di kisaran 0.7030.

Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar


(Putu Agus Pransuamitra)
(pap/Monex)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search