Market Movers: Sinyal Beragam untuk Dollar AS

Market Movers: Sinyal Beragam untuk Dollar AS

Jum'at, 22 November 2013 11:40:17 WIB

Monexnews - Sinyal yang beragam diberikan oleh data-data ekonomi AS yang dirilis semalam. Data klaim pengangguran mingguan dirilis lebih bagus dari prediksi pasar. Terjadi penurunan pada klaim tunjangan pengangguran dibandingkan pekan sebelumnya yang melebihi proyeksi. Ini sinyal positif bagi ekonomi AS yang menambah peluang tapering. Tapi data indeks harga produsen yang menyumbang tingkat inflasi malah turun 0,2% yang menunjukkan inflasi masih jauh di bawah target bank sentral AS dan ini akan mengurangi peluang tapering. Sentimen No Tapering diuntungkan oleh hasil voting komite perbankan senat AS yang memenangkan Janet Yellen sebagai calon gubernur bank sentral AS menggantikan Ben Bernanke. Yellen dikenal pasar sebagai pendukung kebijakan stimulus. Hasil ini sempat mendorong indeks Dow Jones mencapai rekor penutupan baru kemarin. Dollar Australia mendapatkan tekanan dari berita potensi intervensi bank sentral Australia (RBA) untuk melemahkan nilai tukar dollar Australia. Dalam beberapa kesempatan, RBA mengatakan bahwa nilai tukar dollar Australia masih terlalu kuat dan berpotensi menganggu pertumbuhan ekonomi Australia.

Yen Jepang terus melesat ke area 101

yen per dollar. Penguatan dollar AS karena potensi tapering menguntungkan Jepang yang menginginkan mata uangnya lebih lemah. Nikkei pun masih tersupport naik karena pelemahan yen ini. Dari Eropa, Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Mario Draghi membantah pemberitaan yang mengatakan bahwa ECB akan menerapkan suku bunga negatif. Penurunan nilai tukar euro pun tertahan karena pernyataan Draghi ini. Namun demikian, pemangkasan suku bunga yang dilakukan beberapa waktu lalu dan potensi penerapan kebijakan stimulus di zona euro masih akan menekan nilai tukar euro.

Hari ini, data survei Ifo bisnis Jerman bisa menjadi market mover bagi pergerakan euro. Hasil yang lebih bagus dari prediksi 107.9 bisa mengangkat euro. Selain itu beberapa pidato dari pejabat bank sentral seperti Mario Draghi dan Esther George dari Fed hari ini bisa juga menjadi penggerak pasar hari ini.

(Ariston Tjendra)


(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search