Market Movers: Tanpa Rilis Data Penting, Data NFP AS Masih Menjadi Sentimen Penggerak

Market Movers: Tanpa Rilis Data Penting, Data NFP AS Masih Menjadi Sentimen Penggerak

Senin, 08 April 2019 08:38:22 WIB


Dollar terlihat masih bergerak solid setelah rilis data Non-Farm Payroll (NFP) AS yang bagus. Selama bulan Maret penambahan tenaga kerja bertambah 196 ribu di atas ekspektasi 172 ribu dan jauh lebih baik dari bulan sebelumnya yang hanya tumbuh 33 ribu (revisi). Selain itu, tingkat pengangguran AS juga bertahan di rekor terendah di 3,8%. Meski rata-rata upah hanya tumbuh 0,1%.

Hal tersebut sampai hari ini berpotensi masih bisa menopang dollar seiring dengan kabar positif mengenai hubungan dagang AS-China. Sebelumnya Presiden AS Donald Trump juga menyebutkan bahwa kesepakatan dagang di antara keduanya akan terbentuk secepatnya empat pekan kedepan.

Market Movers pekan ini



Potensi Pergerakan

Emas
Resisten 1295 - 1296 tampaknya masih menjadi area resisten kuat. Selama harga konsisten bergerak di bawah level tersebut, harga emas tampaknya masih dalam kecenderungan melemah menguji support terdekat 1289 sebelum mengincar 1285. Sebaliknya, jika harga mampu menembus konsisten di atas 1296, area resisten terdekat di 1300.

Minyak Mentah
Harga minyak berpeluang lanjut menguat menguji level 64.25. Konsisten bergerak di atas level tersebut, incaran selanjutnya terlihat di 64.80. Outlook pengetatan persediaan minyak secara global, mulai dari perpanjangan sanksi Iran, kondisi krisis di Venezuela, dan ketegagangan geopolitik di Libya, di tengah program pemangkasan produksi OPEC akan menjadi katalis penggerak. Support terdekat di 62.30.

EURUSD
EURUSD terlihat masih dalam tekanan turun di tengah belum ada katalis penggerak dari Zona Euro pada hari ini dan peluang menguatnya dollar. Selama masih bergerak di bawah resisten 1.1250, potensi turun mengincar 1.1700.

GBPUSD
Sikap wait and see terhadap kepastian Brexit tampaknya masih berpotensi menekan GBPUSD. Namun area support di level psikologis 1.3000 masih akan diuji. Jika tembus level tersebut potensi melemah selanjutnya mengincar 1.2960. Resisten terdekat di 1.30765.

USDJPY
Potensi meningkatnya permintaan terhadap aset berisiko berpeluang bawa naik USDJPY untuk menguji level psikologis 112.00. Namun jika belum mampu menembus level tersebut, potensi harga terkoreksi karena aksi profit taking setelah naik selama tujuh hari beruntun, dengan support di 111.00.

AUDUSD
Sejak awal bulan April, AUDUSD terlihat bergerak ranging dalam rentang level yang cukup lebar. Resisten di 0.7125 masih akan diuji jika peluang penguatan AUDUSD di tengah outlook positif AS-China dapat menopang penguatan. Support terdekat di level 0.7070.


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar

(Dini Nurhadi Yasyi)


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search